BNNK Waykanan Sosialisasikan P4GN di Rutan Kotabumi

BNNK Waykanan Sosialisasikan P4GN di Rutan Kotabumi
Foto: Istimewa

LAMPUNG UTARA – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Waykanan menggelar sosialisasi dan penguatan pegawai tentang Pencegahan, Pemberantasan, penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (24/11/2022).

Kepala BNN Waykanan Dwi Nurmawaty mengajak petugas rutan berkomitmen untuk bersama-sama mencegah peredaran narkotika.

“Sudah sangat jelas narkotika menjadi musuh Negara, penghancur bangsa, sehingga petugas rutan/ lapas harus selalu berhati-hati ketika bekerja dan bekerjalah sesuai dengan SOP yang berlaku," ujarnya.

Dwi menyatakan, kasus narkotika di Indonesia saat ini paling tinggi. Dirinya mengimbau kepada petugas jangan bermain-main dengan Narkoba.

Sementara, Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi Mukhlisin Fardi sosialisasi ini bertujuan memberikan penguatan kepada petugas rutan agar tidak bermain-main dengan narkoba.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan razia di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan cek urine terhadap petugas dan WBP.

Razia dipimpin langsung Kepala Pengamanan Rutan dengan cara di bagi menjadi tiga tim serta dilaksanakan serentak serta diawasi langsung Kepala Rutan Kotabumi serta Kepala BNN Waykanan.

Kepala Pengamanan Rutan Kotabumi Ade Candra Irawan menjelaskan, razia berjalan lancar serta dilakukan secara humanis.

Dari hasil razia tersebut tidak ditemukan barang-barang terlarang, hanya berupa sendok besi, kayu, korek api, kawat, kartu remi, botol beling, kaleng.

Sementara dari hasil tes urin,  tenaga medis Rutan Kotabumi Didik Caroko didampingi anggota BNNK Waykanan menyampaikan, seluruhnya dinyatakan negatif.