Masyarakat Keluhkan Gangguan Pelayanan Disdukcapil Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH - Masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, mengeluhkan gangguan pelayanan beberapa hari ini.
Seperti dikeluhkan Rudiyo, warga Bangunrejo. Dia mengatakan, sudah dua hari dirinya harus pulang pergi guna mengurus Adminduk di Disdukcapil tapi sampai saat ini belum juga selesai.
"Ya, lumayan jauh mas, dari Bangunrejo ke Gunungsugih sini. Kalau kemarinkan kendalanya mati lampu, dan sekarang menurut informasi dari petugas lagi ada gangguan server," terang Rudiyo, kepada monologis.id, Rabu (09/09).
Kondisi serupa dialami Dedy, warga Slusuban. Menurutnya sejak kemarin hingga hari ini adminduk yang dibuatnya belum juga selesai, sehingga dirinya harus pulang pergi dari kediamannya ke Disdukcapil yang berada di lingkup perkantoran Gunungsugih.
"Tadi ada informasi dari petugas, bahwa lagi ada gangguan, kami diminta datang kembali besok," ungkapnya.
Menanggapi hal itu, Sekretaris Disdukcapil Lampung Tengah, Suhaini mewakili Kadis, Genta Suri Muda, meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas terganggunya pelayanan adminduk di Disdukcapil dua hari ini.
"Ya, kemarin ada gangguan pemadaman aliran listrik dari PLN, dan saat ini gangguan dari sistem server dari pusat, tetapi siang ini pelayanan sudah normal kembali," terang Suhaini, saat dikonfirmasi monologis.id, Rabu (09/09).
Saat disinggung terkait, tidak adanya alat, atau perangkat pedukung untuk pelayanan adminduk saat pemadaman aliran listrik. Seperti pengadaan genset, sehingga saat aliran listrik padam, hal itu tidak mengganggu pelayanan admiduk di Disdukcapil.
Diketahui Lampung Tengah tidak lama lagi akan menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan saat ini masyarakat banyak yang datang ke Disdukcapil guna mengurus adminduk.
"Untuk pengadaan genset, kita sudah mengusulkan ke atas, agar segera direalisasikan pengadaannya. Tetapikan sejak COVID-19 ini semua anggaran dipangkas. Ya, mudah-mudahan kedepannya kita akan memberikan pelayanan ke masyarakat semaksimal mungkin," ungkap Suhaini.