Pesisir Barat Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Pesisir Barat Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Foto: Istimewa

PESISIR BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pesisir Barat, Lampung, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Kemenkumham, Mualimin Abdi dan diterima langsung oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, dalam Peringatan Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74, di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Dalam kegiatan itu, Bupati Agus Istiqlal didampingi Inspektur, Henri Dunan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi. Selain itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Tedi Zadmiko, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Edwin Kastolani Burtha.

Bupati Agus mengapresiasi penghargaan tersebut sebagai hasil nyata kerja keras Pemkab Pesisir Barat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Pemkab Pesisir Barat telah melakukan berbagai upaya dalam pemenuhan HAM, di antaranya pemenuhan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), akta lahir, dan Kartu Keluarga (KK). Kemudian, pelayanan kesehatan dengan adanya fasilitas kesehatan yakni RSUD, puskesmas dan posyandu," ungkap Agus.

Agus menjelaskan selain bidang dokumen kependudukan dan pelayanan kesehatan, upaya pemenuhan HAM juga direalisasikan dengan adanya pelayanan bagi perempuan dan anak yang mengalami permasalahan hukum, penyelesaian permasalahan pengangguran, serta pemenuhan hak pendidikan mulai dari PAUD hingga SLTA.

Atas dasar tersebut, Bupati Agus mengatakan Pemkab Pesisir Barat dinilai mampu memenuhi kriteria dalam pemenuhan HAM.

"Hal ini perlu dipertahankan sekaligus juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan dan mengembangkan berbagai program dalam pemenuhan HAM di Pesisir Barat," tegas Bupati.

Diketahui Dalam acara tersebut, sebanyak 72 kabupaten dan kota diundang untuk mendapatkan penghargaan di beberapa kriteria, yaitu Kurang Peduli, Cukup Peduli, dan Peduli. Sementara untuk Pesisir Barat menjadi kabupaten yang mendapatkan apresiasi dengan kriteria Peduli HAM.

Penghargaan Kabupaten dan Kota Peduli HAM itu diberikan atas upaya pemerintah daerah kabupaten dan kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Indikator penilaian mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten dan Kota Peduli HAM.