Peletakan Batu Pertama Pasar Tematik Lumbok Seminung Bakal Dihadiri Mendag

Peletakan Batu Pertama Pasar Tematik Lumbok Seminung Bakal Dihadiri Mendag
Foto: Istimewa

LAMPUNG BARAT-Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan akan menghadiri peletakan batu pertama pembangunan pasar tematik di Pekon (Desa) Lumbok,  Lumbok Seminung, Lampung Barat, yang dijadwalkan pada 25 Januari 2024 mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat di ruang rapat pesagi kantor bupati setempat, Kamis (11/1/2024)

Rapat yang dipimpin langsung Pj Bupati Lampung Barat Nukman dihadiri dihadiri Kodim 0422/LB, Polres, Staf DPRD, seluruh kepala perangkat daerah serta camat.

Dalam rapat tersebut, Nukman menuturkan program pembangunan pasar tematik wisata adalah program strategis pemerintah daerah, bukan program milik dinas.

Oleh karena itu, ia mengharapkan seluruh OPD terkait untuk bahu membahu mensukseskan program pembangunan tersebut.

"Baik dari proses pembangunan sampai dengan pemanfaatannya, khususnya pada Dinas pariwisata, PMP, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan," ungkapnya.

Tentu, kata Nukman, hal itu nantinya akan sangat mendukung dalam optimalisasi pembangunan pasar tematik wisata jelajah danau ranau sebagai upaya meningkatkan daya tarik wisata.

"Selain itu juga sebagai promosi pemasaran UMKM yang nanti pada akhirnya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan  masyarakat," kata Nukman.

Karena, menurutnya, dengan bangkitnya kembali sektor pariwisata maka dapat memicu sektor lainnya untuk berkembang sehingga roda ekonomi masyarakat dapat berjalan lebih baik.

Dirinya mengatakan, dengan adanya pasar wisata dapat menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka.

“Dengan adanya pasar wisata produk-produk unggulan UMKM dan IKM kerajinan khas Lampung Barat diharapkan dapat menambah daya tarik pada pasar wisata nantinya,” ucapnya.

Perlu dikatahui, pasar tematik ini nantinya akan menggabungkan tiga elemen utama yaitu belanja, wisata dan budaya.

Nukman berharap dengan adanya pasar tematik wisata Lumbok Seminung, ke depannya dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Harapannya pasar tematik ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan, tentu ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.