Disdukcapil Tulangbawang Barat Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital

Disdukcapil Tulangbawang Barat Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital
Kepala Disdukcapil Tulangbawang Barat Haryanto | Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT – Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang Barat, Lampung mulai menerapkan identitas kependudukan digital atau IKD.

Sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri, IKD untuk mempermudah semua bentuk pelayanan.

"Jadi IKD ini salah satu program Kementerian Dalam Negeri terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan yang saat ini sudah menggunakan platform digital," ujarnya Kepala Disdukcapil Tulangbawang Barat Haryanto, Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, IKD ini berfungsi sebagai bukti identitas diri berdasarkan Permendagri no 72 Tahun 2022.

"Jadi saat ini hal yang dilakukan Disdukcapil adalah melakukan sosialisasi penerapan IKD di kalangan masyarakat, Badan internal, OPD dan di seluruh instansi vertikal yang ada di Tulangbawang Barat," terangnya

Untuk mengaktifkan aplikasi IKD, masyarakat diimbau datang langsung ke kantor Disdukcapil. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan 26 tiyuh (desa)  yang tersebar di 9 kecamatan untuk membantu warga mengakses pembuatan aplikasi tersebut.

“Kedepan, identitas digital dapat digunakan oleh instansi pengguna seperti Perbankan, BPJS, Kantor Pajak  dan pelayanan publik lainnya sehingga proses untuk data pelayanan penduduk dapat lebih mudah,” ujarnya.

Masyarakat dapat menggunakan IKD ini dengan cara mendownload aplikasi dari handphone masing-masing.