Kurang dari 4 Jam, Spesialis Congkel Jendela Rumah Dibekuk Polisi

Kurang dari 4 Jam, Spesialis Congkel Jendela Rumah Dibekuk Polisi
Foto: Istimewa

LAMPUNG TENGAH – Tim Tekab 308 Polsek Terbanggibesar, Lampung Tengah, menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang terjadi di Kampung Adijaya.

Pelaku Sutrisno warga Kelurahan Bandarjaya Barat, Lampung Tengah, ditangkap kurang dari empat jam dari dia melakukan aksinya.

Kapolsek Terbanggibesar Kompol Tatang Maulana mewakili Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menerangkan, pihaknya mendapat laporan aksi pencurian di rumah milik Hari di Dusun Adi Luwih, Kampung Adijaya.

"Korban melaporkan jika telah terjadi pencurian dirumahnya pada Jumat (17/3/2023) pukul 05.00 WIB. Korban kehilangan satu unit sepeda motor, Handphone dan uang tunai," kata Tatang Maulana.

Berbekal laporan tersebut, Tekab 308 Polsek Terbanggibesar lalu melakukan pengejaran terhadap pelaku, dan polisi mendapatkan petunjuk keberadaan pelaku.

"Kami telusuri dari GPS Handphone korban yang dicuri, bahwa keberadaan pelaku ada di sekitaran Bandarjaya Barat. Benar saja kami temukan pelaku Sutrisno," jelas Kapolsek.

Dari tangan pelaku, polisi juga mendapatkan barang bukti satu unit Honda Beat warna merah putih milik korban, Handphone Vivo Y 91 warna biru dan dompet berisi uang tunai Rp500 ribu.

Modus pelaku melakukan pencurian di rumah Hari lanjut Tatang, yakni dengan cara mencongkel jendela rumah korban bagian depan.

"Setelah masuk ke dalam rumah, pelaku mencuri motor korban, Handphone, dompet, lalu pelaku keluar rumah dengan cara membuka pintu belakang rumah," bebernya.

Dari keterangan pelaku Sutrisno, diketahui aksi pencurian itu dilakukan dengan bantuan satu orang pelaku lainnya yang masih dalam pengejaran petugas (DPO).

Pelaku Sutrisno dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara.