Bandara Soetta Siapkan Layanan Ritel Kesehatan untuk Penumpang

TANGERANG - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memberi perhatian besar untuk kesehatan calon penumpang di tengah pandemi COVID-19. President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menyiapkan layanan ritel di segmen kesehatan untuk penumpang.

Menurut Awaluddin, tujuan utama layanan ini adalah membantu penumpang pesawat agar selalu dapat mengedepankan aspek kesehatan.

“Pada prinsipnya kami ingin agar alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, face shield, sampai dengan obat kumur antiseptik dapat dengan mudah didapat di bandara-bandara PT Angkasa Pura II,” jelas Awaluddin melalui keterangan tertulis, Selasa (16/06).

Untuk layanan pertama yakni, vending machine untuk memasarkan APD, seperti masker, face shield, antiseptik mulut dan sarung tangan. Yang kedua yakni, layanan digital wayfinding atau mesin peta digital di terminal penumpang, yang difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

“Sebanyak 21 digital wayfinding ada di Bandara Soetta dan akan ditingkatkan kemampuannya dari saat ini berfungsi menunjukkan area-area di terminal, menjadi juga bisa digunakan untuk pemesanan APD atau obat-obatan, untuk kemudian diantar ke pemesan,” papar Awaluddin.

Dan yang ketiga yakni, health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test atau PCR test, serta layanan medical check up dan menyediakan produk kesehatan atau farmasi atau APD.

Health center ini merupakan kolaborasi PT Angkasa Pura II, maskapai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, untuk menekan risiko penyebaran COVID-19 melalui tes yang dilakukan kepada penumpang pesawat. Ketiga layanan ini akan diluncurkan dalam waktu dekat di Soekarno-Hatta, kemudian menyusul di bandara lainnya.