Dosen IIB Darmajaya Jembatan UMKM Pesawaran Go Nasional

BANDARLAMPUNG – Dosen
Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjembatani produk Usaha Mikro
Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pesawaran untuk mengikuti bazar UMKM “ASN Serbu
Lokal Keren†pada 15 – 18 November 2022 di Jakarta.
Mereka adalah Dr Sri Lestari selaku Ketua, dengan anggota
Yulmaini, Aswin, Sulyono, dan Ruki Rizal Nul Fikri.
Keempat dosen itu melakukan penelitian berjudul Implementasi
Ranking Based pada SiMoniK untuk Rekomendasi Strategi Peningkatan Kemandirian
UMKM di bawah Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Pesawaran.
Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan
Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) untuk Skema Penelitian Terapan Unggulan
Perguruan Tinggi (PTUPT) tahun ke-2 pendanaan tahun 2022.
Sri Lestari mengatakan sebelumnya beberapa produk kerajinan
dan kuliner yang akan diikutkan dalam pameran dengan bergabung bersama M Bloc.
Pihak M Bloc juga mengikutkan produk kuliner dalam bazar UMKM di Kementerian
Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).
Kemudian, kata dia, produk UMKM tersebut dari Kabupaten
Pesawaran dan Bandarlampung di bawah naungan Demmon Sepokny yang merupakan
marketplace untuk mendisplay produk UMKM.
“Diantaranya, Panda Alami, Abon Hanni, Kemplang AN, Kopi dan
Jahe Instan Gelas, Vista, Khas Lampung, Ecoprint Yasmin Wiwid, Batik Lampung
Adanan, Kerajinan Tapis Lampung dan masih banyak produk-produk lainnya,†kata
Dr. Sri Lestari.
Menurut dia, sebelum diikutkan dalam pameran maupun bazar
UMKM produk dikurasi oleh tim M Bloc. “Ini juga bagian dari pengenalan produk
UMKM lokal di Kabupaten Pesawaran yang selama ini mitra kami dalam penelitian,â€
ujarnya.
Sri Lestari menambahkan keikutsertaan produk UMKM Kabupaten
Pesawaran juga menjadi salah satu pengenalan kepada masyarakat Ibukota.
“Produknya juga dapat dikenal melalui marketplace pada SiMonik Pesawaran yang
kita bangun bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pesawaran,â€
tuturnya.
Dia berharap produk kuliner dan kerajinan UMKM Kabupaten
Pesawaran mendapatkan banyak manfaat untuk dapat dikenal di nasional secara
langsung dalam event ataupun pameran.
“Karena dengan marketplace baik yang online maupun offline
serta secara langsung dengan mengikuti berbagai event dapat berjalan beriringan
dan menambah jejaring sehingga UMKM semakin berkembang,†tutupnya.