Aplikasi Wisata Rancangan Mahasiswa FMIPA Unila Sabet Juara Tiga Iven Lampung Begawi

BANDARLAMPUNG - Mahasiswa
Universitas Lampung (Unila) Muhammad Hanif berhasil meraih juara tiga dalam iven
Lampung Begawi yang diselenggarakan Bank Indonesia wilayah Lampung bekerja sama
dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung.
Hanif merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam (FMIPA) program studi Ilmu Komputer 2020, menunjukkan
prestasinya dalam Lomba Conceptual Design Aplikasi Wisata.
Iven ini diadakan dalam rentang waktu 1 hingga 13 Mei 2023
dan terdiri dari dua tahap, yaitu penyisihan dari tanggal 1 hingga 11 Mei 2023
secara daring, sedangkan final yang diadakan secara offline pada 13 Mei 2023 di
Lampung City Mall, Telukbetung, Bandarlampung.
Peserta lomba sebanyak 16 orang berasal dari berbagai
universitas terbaik di Lampung, baik negeri maupun swasta.
Hanif menjelaskan, tujuan dari perlombaan ini adalah untuk
membangkitkan minat, bakat, dan kreativitas masyarakat, khususnya mahasiswa,
dalam mendesain aplikasi wisata yang mendukung program pengembangan pariwisata
dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung.
“Saya mengikuti perlombaan ini karena desain dan editing
merupakan passion yang sudah saya jalani dalam kurun waktu kurang lebih empat
tahun. Dalam perlombaan ini saya ingin mengimplementasikan kemampuan khusus
melalui aplikasi yang saya rancang yaitu Jola (Journey Lampung),†ujar Muhammad
Hanif..
Aplikasi yang dirancang Hanif, yaitu Jola (Journey Lampung)
merupakan aplikasi perjalanan dengan pengalaman wisata di daerah Lampung.
Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam merencanakan liburan
mereka ke daerah Lampung.
Beberapa fitur yang disediakan antara lain informasi terkini
tentang destinasi wisata, filter destinasi, fitur kategori, notifikasi,
pencarian destinasi wisata, serta akomodasi pariwisata mulai dari transportasi
hingga hotel yang ada di Lampung.
Melalui aplikasi Jola, Hanif berharap para wisatawan dapat
lebih mudah mencari informasi mengenai destinasi wisata, akomodasi,
transportasi, kuliner, dan berbagai fasilitas lainnya yang ada di Lampung.
Aplikasi ini diharapkan dapat membantu wisatawan
merencanakan perjalanan mereka ke daerah Lampung dan memperoleh informasi
seputar wisata yang ada di sana.
Keberhasilan Hanif dalam ajang ini juga menunjukkan mahasiswa
dapat berkontribusi aktif dalam pengembangan program pariwisata dan ekonomi
kreatif melalui kemampuan dan passion yang dimilikinya.