Bawaslu Tulangbawang Barat Selenggarakan Pelatihan Bagi Saksi Pemilu

Bawaslu Tulangbawang Barat Selenggarakan Pelatihan Bagi Saksi Pemilu
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tulangbawang Barat, Lampung, menyelenggarakan workshop pelatihan bagi saksi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Workshop diadakan di Wisma Asri Tiyuh (Desa) Tirtamakmur, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa (6/2/2024).

Ketua Bawaslu Tulangbawang Barat Agustomi melalui Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Kadarsyah menjelaskan, workshop tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para saksi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Peran saksi sangat krusial untuk memastikan proses Pemilu berlangsung jujur dan adil pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang," kata Kadarsyah.

Peserta workshop meliputi perwakilan atau saksi partai politik untuk berbagai jenis Pemilu, mulai dari pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten / kota, hingga pemilihan anggota DPD dan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Dan yang bertindak sebagai Narasumber berasal dari komisioner KPU Tulangbawang Barat mereka  menjelaskan teknis pelaksanaan Pemilu mendatang.

Kadarsyah juga  menekankan bahwa pelatihan saksi peserta Pemilu merupakan tanggung jawab Bawaslu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Harapannya, dengan optimalisasi pengawasan, sengketa hasil Pemilu dapat diminimalisir untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan damai dan sukses, " pungkasnya.