Tulangbawang Seleksi Calon Kafilah MTQ

Tulangbawang Seleksi Calon Kafilah MTQ
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG – Kabupaten Tulangbawang mulai menyeleksi calon kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat provinsi Lampung melalui Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ).

STQ VIII tingkat kabupaten diadakan Kementerian Agama (Kemenag) Tulangbawang di aula Kantor Kemenag setempat, Rabu, (19/7/2023).

Diikuti 120 peserta dari 15 kecamatan, STQ VIII dibuka Kepala Kesbangpol Tulangbawang, Saut Sinurat, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Qudrotul Ikhwan.

Saut Sinurat berharap melalui STQ bisa mendapatkan bibit-bibit unggul calon kafilah Kabupaten Tulangbawang.

"Banyak pondok pesantren yang tersebar di Tulangbawang membuat saya optimistis ada peserta yang berkualitas. Untuk itu, saya berharap kepada dewan hakim agar dapat memberikan penilaian secara objektif dan adil,” ujarnya.

Saut meminta peserta menunjukkan kemampuan terbaik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas kinerja Kemenag Tulangbawang yang telah hadir menciptakan serta melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Yang akhirnya menciptakan kerukunan hidup di tengah-tengah masyarakat, sehingga brand Tulangbawang sebagai Kabupaten Udang Manis dapat terwujud," tambah Saut Sinurat.

Ketua I Pengurus LPTQ Tulangbawang, A. Jalaluddin, mengatakan pada STQ tahun ini memperlombakan 10 Cabang. Meliputi, Tartil Qur’an Putra dan Putri, Tilawah Al-Qur’an anak-anakPutra dan Putri, Tahfidzul Qur’an 1 Juz Putra dan Putri, lalu Tahfidzul Qur’an 10 Juz Putra dan Putri, Fahmil Qur’an Putra dan Putri, Syarhil Qur’an Putra dan Putri, Khottil Qur’an Penulisan Naskhah Putra-Putri, Khottil Qur’an Kontemporer Putra-Putri, Qiro’at Murotal Remaja Putra-Putri, serta Qiro’at Murotal Dewasa Putra-Putri.

“Pada 2021 Tulangbawang berada pada Peringkat delapan, dan pada 2022 kita memperbaiki capaian atau naik satu peringkat ke posisi tujuh. Ini semua dapat diraih berkat kekompakan dan kesungguhan kita semua, Pemkab Tulangbawang, Kemenag, para pelatih, official dan tentunya para peserta yang tergabung dalam Kafilah Tulangbawang,” kata Kepala Kantor Kemenag Tulangbawang itu.

Dia berpesan agar para kafilah tidak cepat puas dengan prestasi yang dicapai. STQ ini kata Saut, untuk mempertahankan yang pernah diraih dan jika mampu lebih baik lagi.

Pada STQ tahun ini, Kemenag Tulangbawang akan memberikan penghargaan kepada peserta yang berprestasi.

“Untuk Dewan Hakim yang akan bertugas ada 23 orang, 10 dari provinsi dan 13  dari kabupaten. Kita gunakan Dewan Hakim dari provinsi dalam rangka menjaga standarisasi mutu atau kualitas STQ ini untuk bisa berlaga pada MTQ ke-50 tingkat Provinsi Lampung pada September 2023 di Bandarlampung," pungkasnya.