KPU Tulangbawang Barat Gelar Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU Tulangbawang Barat Gelar Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang Barat, Lampung, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

Rapat pleno berlangsung di di GOR Zainal Abidin Pagar Alam, Tiyuh (Desa) Kagunganratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, Tulangbawang Barat, Kamis (29/2/2024)

Ketua KPU Tulangbawang Barat Yudi Agusman menyatakan bersedia memperbaiki hasil pleno di tingkat kecamatan jika terdapat kesalahan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pemilu berjalan lancar, baik dari pemungutan suara hingga rekapitulasi di kecamatan telah selesai. Dan kita bersyukur dapat apresiasi dari KPU RI sebagai salah satu kabupaten yang tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) dan tidak ada hitung ulang atau bongkar kotak,”ujarnya.

Yudi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atau stakeholder dan peserta Pemilu yang sudah turut serta menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Termasuk dukungan dari pihak Pemda, pengamanan yang ketat dari jajaran Polres Tulangbawang Barat dan TNI.

“Kami juga mengapresiasi Bawaslu Tulangbawang Barat dan  jajaran media yang telah membantu sebagai corong penyampai informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Yudi juga menjelaskan, pada prinsipnya KPU  di kabupaten hanya mengakumulasi rekapitulasi dari kecamatan, tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada perbaikan jika memang ada kesalahan pada pleno kecamatan.

“Setelah pleno kabupaten, akan dilanjutkan ke provinsi dan pusat setelah tahapan selesai baru  KPU RI akan mengumumkan hasil Pemilu secara resmi pada 20 Maret mendatang,” terangnya.

Yudi meminta kepada semua pihak pemangku kepentingan untuk terus memberikan semangat dan mengawal Pemilu 2024 sampai dengan selesai.

Sementara itu, Pj Bupati Tulangbawang Barat Firsada diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum M Rasidi menyampaikan, rapat pleno penghitungan suara hasil Pemilu di Tulangbawang Barat ini adalah bagian proses demokrasi yang harus kita jalani dan hormati.

“Kita sudah melaksanakan Pemilu dengan prinsip adil dan transparan, penghitungan suara juga dilakukan secara terbuka hal ini dilakukan tentu untuk memastikan semua masyarakat dapat melihat,”ungkapnya

Rasidi mengimbau kepada semua pihak untuk menunjukkan kedewasaan dengan menerima hasil Pemilu dengan lapang dada.

“Jangan terpengaruh pada perbedaan pandangan politik, tetap jaga persatuan dan kesatuan serta kedamaian bangsa untuk kemajuan pembangunan daerah dan negara.  Semoga dapat membawa kebaikan di masa depan khususnya di Tulangbawang Barat,”pungkasnya.