Kepala Tiyuh Wajib Sukseskan Pilkada dan Jaga Kondusifitas

Kepala Tiyuh Wajib Sukseskan Pilkada dan Jaga Kondusifitas
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT -Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat, Lampung, Firsada, menekankan pentingnya peran serta seluruh kepala tiyuh (desa) dalam menyukseskan Pilkada mendatang dengan menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. 

Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepalo tiyuh dan penyerahan Surat Keputusan Bupati tentang Perpanjangan Masa Jabatan Kepalo Tiyuh se-Tulangbawang Barat, Senin (1-7-2024).

Dalam kesempatan itu, Firsada menegaskan bahwa masa jabatan perpanjangan kepalo Tiyuh adalah delapan tahun, terhitung sejak tanggal pengambilan sumpah dan janji berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Menurut Firsada, jabatan merupakan amanah yang harus dijunjung tinggi. Ia berharap para kepalo Tiyuh dapat mengemban amanah ini dengan baik, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Firsada juga menyatakan bahwa perpanjangan jabatan selama dua tahun ini diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi seluruh kepalo Tiyuh untuk memanfaatkan sebaik mungkin jabatan yang diamanahkan.

Lebih lanjut, ia mengimbau seluruh kepalo Tiyuh di Kabupaten Tulangbawang Barat agar menjaga netralitas dan kondusifitas pada Pilkada yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

“Kepalo Tiyuh dipilih oleh rakyat, oleh karena itu harus dapat menjaga kondusifitas daerah yang dipimpinnya masing-masing. Kabupaten Tulangbawang Barat dikatakan sukses dalam pemilu kemarin, dan ini tentunya tidak lepas dari sinergi TNI, Polri, dan kita semua pada umumnya,” ujar Firsada.

Pengukuhan juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah serta para kepalo Tiyuh yang menerima surat keputusan perpanjangan masa jabatan. Dalam suasana yang penuh semangat, Firsada berharap agar kepalo Tiyuh dapat terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjaga stabilitas dan kemajuan Kabupaten Tulangbawang Barat.(ADV)