Kemen PPPA Verifikasi Lapangan APE di Tulangbawang Barat

Kemen PPPA Verifikasi Lapangan APE di Tulangbawang Barat
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG BARAT-Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, Selasa (21/11/2023).

Tim verifikasi lapangan Kemen PPPA disambut langsung Hal Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat M Firsada di ruang rapat bupati.

Firsada menegaskan APE merupakan penghargaan yang diberikan Kemen PPPA kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Anugerah ini menjadi bukti nyata atas upaya nyata dan kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di wilayah kita," ujar Firsada.

Firsada menjelaskan, tahap verifikasi lapangan bertujuan untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa kegiatan yang telah dilakukan melalui program-program yang ada telah sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan.

"Anugerah Parahita Ekapraya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan anak-anak di daerah kita, karena pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan komitmen bersama semua elemen masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPA Siti Mardiah menjelaskan, untuk verifikasi lapangan sampai dengan evaluasi penyelenggaraan Pengarus Utamaan Gender (PUG) ini dilakukan dua tahun sekali.

"Di tahun 2023 ini, sebagai evaluasi tahun 2022 dilakukan setahun dan turun kelapangan agar hasilnya maksimal, karena pada tahun 2021 kita dilanda pandemi sehingga verifikasi dilakukan secara daring," jelas Siti.

Siti Mardiah juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Tulangbawang Barat yang telah menyelesaikan pengisian data dan informasi penyelenggaraan PUG di Tulangbawang Barat.

"Saya sampaikan apresiasi setinggi tingginya, karena pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat telah menyelesaikan pengisian data dan informasi PUG sesuai dengan waktu yang yelah ditetapkan, dalam waktu 4 minggu, meskipun disertai keluhan," ujarnya.(ADVERTORIAL)