Gubernur Lampung Lepas Jemaah Calon Haji Kloter Pertama

Gubernur Lampung Lepas Jemaah Calon Haji Kloter Pertama
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas Jemaah Calon Haji Kloter 3 JKG atau Kloter Pertama Provinsi Lampung di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Provinsi Lampung, Sabtu (11/5/2024).

Arinal berpesan agar para calon jemaah haji untuk tetap istiqomah dalam beribadah dan tetap tawadhu.

Ia juga meminta untuk menjadi perhatian calon jemaah haji yang akan berangkat dengan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan menjadi duta yang baik bagi negara.

"Jaga kondisi kesehatan, kondisi fisik, jaga pola makan dan ikuti arahan petugas haji serta hendaknya dapat fokus pada kegiatan beribadah sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Arinal menitipkan kepada seluruh jemaah calon haji agar turut pula menyelipkan doa khusus untuk semua yang ada di tanah air, khususnya Provinsi Lampung.

"Agar senantiasa rukun, harmonis, damai, aman, dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan, menuju terwujudnya Lampung Berjaya," ujarnya.

Ia meminta kepada seluruh petugas, baik tim petugas haji daerah (TPHD), petugas kloter, petugas kesehatan, maupun petugas pembimbing ibadah haji, agar memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal dan terbaik bagi seluruh jamaah calon haji Lampung.

"Baik itu selama berada di asrama, di tanah suci, dan pada saat kembalinya nanti ke tanah air," katanya.

Para peserta calon jemaah haji ini juga diberikan buku saku yang berisi ringkasan doa tentang haji dan umroh serta tips menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji dan umroh.

"Yang diharapkan dapat membantu setiap jemaah calon haji meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ibadah haji serta menjadi tuntunan ketika akan berangkat ke tanah suci, tiba di bandara kedatangan Arab Saudi, di Makkah dan Madinah serta ketika akan  pulang menuju tanah air," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo mengatakan jemaah haji Provinsi Lampung yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta Pondok Gede atau JKG Tahun ini berjumlah 7.207.

"Dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 95 orang, Petugas Haji Daerah 46 orang dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji serta Umroh (KBIHU) 9 orang," ujar Puji.

Adapun jumlah jemaah dalam satu kloter berjumah 393 orang.

"Jamaah yang ada di asrama hari ini Insha Allah besok pagi jam 08.00 WIB akan diberangkatkan menuju Bandara Soekarno Hatta," katanya.

Ia menjelaskan untuk jemaah haji tertua pada kloter JKG 03 ini berusia 92 tahun atas nama Hatinah Harjo Suwito asal Bandarlampung.

"Dan untuk jemaah haji termuda pada kloter JKG 03 ini berusia 21 tahun atas nana Sahriar Hilmi Indra Kumala asal Bandarlampung," katanya.

Namun dari keseluruhan jemaah calon haji Lampung, jemaah tertua tahun ini berusia 94 tahun atas nama Garmini Karyo Dimedjo dari Kabupaten Lampung Selatan pada kloter JKG 018.

"Dan jemaah haji termuda tahun ini berusia 18 tahun atas nama Aqila Galan Fabi dari Bandarlampung pada kloter JKG 036," ujarnya.

Puji menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Arinal selaku Koordinator PPIH Embarkasi Artara Lampung yang telah banyak memberikan arahan dan dukungan kepada pihaknya dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah haji.

Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan dukungan subsidi ongkos transit daerah untuk seluruh jamaah haji Provinsi Lampung yakni bantuan sebesar Rp1,2 Juta/jamaah.

"Semua mendapat bantuan dari Bapak Gubernur," katanya.