DiskopUKMdag Pesisir Barat Kembali Gelar Pekan Festival 2024

DiskopUKMdag Pesisir Barat Kembali Gelar Pekan Festival 2024
Foto: Novan Erson/monologis.id

PESISIR BARAT-Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (DiskopUKMdag) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung,  kembali menggelar Pekan Festival (Fest) 2024 di Pantai Melasti Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (12-6-2024).

Kegiatan yang bertema Food Festival Road to Melasti, Bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Menuju Pesisir Barat Mandiri itu dibuka langsung oleh Bupati Agus Istiqlal ditandai dengan pemukulan gong.

Kepala DiskopUKMdag, Siswandi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Pekan Fest sendiri mulai rutin digelar sejak beberapa tahun terakhir dengan pelaksanaannya yang selalu berpindah-pindah. "Hasilnya terbilang sangat baik, dimana dalam setiap gelaran Pekan Fest selalu diikuti oleh pelaku UMKM hingga berjumlah ratusan dengan tampilan produk yang diusung pun berbeda-beda serta peminatnya pun terbilang cukup tinggi," ungkap Siswandi.

"Kegiatan hari ini saja setidaknya ada 150 pelaku UMKM dengan pengunjungnya yang mencapai ribuan pasang mata yang berasal dari kalangan pelajar, guru, pemerintahan pekon, kecamatan, OPD, dan masyarakat umum," imbuh Siswandi.

Menurutnya, kondisi tersebut jelas memberikan dampak yang luar biasa terhadap peningkatan pendapatan bagi para pelaku UMKM. "Berdasarkan data yang berhasil dirangkum, dari kegiatan Pekan Fest tidak sedikit pelaku UMKM yang mampu meraup omset hingga jutaan rupiah," kata Siswandi.

Dalam Pekan Fest juga, pihaknya juga menyiapkan sistem transaksi yang berbasis digital yakni antara pedagang dan pembeli dapat bertransaksi melalui QRIS. "Tujuannya agar masyarakat kita melek digital," tukas Siswandi.