Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis
BANDARLAMPUNG - Dalam
meningkatkan performa brand atau bisnis perlu dirancang strategi marketing yang relevan agar pemasaran bisnis dapat
menjangkau pasar yang luas. Strategi ini bisa saja dilakukan dengan cara
konvensional.
Namun, teknik strategi marketing secara modern memiliki
potensi lebih besar daripada teknik tradisional. Salah satu teknik jitu dalam
memanfaatkan internet adalah dengan melakukan strategi digital marketing.
Perlu diketahui bahwa digital marketing terdapat dua jenis,
yaitu berbayar dan organik. Digital marketing berbayar adalah strategi yang
dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya, misalnya dengan
membuat iklan untuk customer berdasarkan minat, usia, lokasi, atau interaksi
mereka terhadap sebuah brand. Jenis-jenis paid marketing adalah Search Engine
Marketing (SEM), display marketing, dan influencer marketing.
Di sisi lain, ada juga digital marketing yang tidak berbayar
alias ‘gratis’. Layanan ini lebih akrab disebut Search Engine Optimization
(SEO). Meski layanan ini tidak sepenuhnya gratis, tetapi tetap memiliki biaya
yang lebih rendah dibanding dengan Search Engine Marketing (SEM).
Search Engine Optimization atau sering disebut dengan SEO
ini juga cocok untuk menghasilkan prospek customer jangka panjang. Teknik SEO
merupakan teknik optimasi website agar tampil optimal di mesin pencari. Saat
ini, perusahaan harus mulai menjalankan SEO pada website mereka. Hal ini
dikarenakan jika suatu perusahaan menerapkan SEO, maka produk atau jasanya akan
jauh lebih dikenal dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Dalam menjalankan SEO tentu dibutuhkan strategi yang tepat
dan mengikuti kaidah-kaidah SEO. Sebagai salah satu digital marketing agency
yang fokus di layanan SEO, Digitalic memiliki track record yang panjang dalam
memberikan konsultasi dan juga menjadi mitra banyak perusahaan, mulai dari
startup fintech, logistik, hingga e-commerce.
“Ketika Digitalic akan menjadi mitra perusahaan dalam
menjalankan kampanye SEO, kami gak langsung memberikan harapan ranking dan
lainnya,†kata Co-Founder Digitalic Jarot Triguritno melalui keterangan
tertulis, Rabu (1/2/2023).
“Tapi, kami akan bertanya tujuan apa yang ingin dicapai,
setelah itu kami mengaudit, mulai dari kesehatan, kecepatan, kemudahan, dan
keterbacaan website,†lanjutnya.
Memang, mencari mitra atau agensi SEO perlu berhati-hati,
dan harus melihat track record, agar strategi yang dilakukan bisa berjalan
dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.
“Harapannya, banyak perusahaan harus sudah mulai melirik dan
menggunakan strategi SEO, sebab SEO yang baik bisa berdampak pada bisnis jangka
panjang dan berkelanjutan,tutup Jarot.