Bupati Pesisir Barat Ajak Masyarakat Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

PESISIR BARAT-Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri sekaligus membuka kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) dengan tema tangan bersih berada dalam jangkauan, di SDN 72 Krui, Pekon Padang Haluan Kecamatan Krui Selatan, Kamis (23/11/2023).

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, S.H., Plt. Sekkab, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, dan forkopimda Pesibar.

Dalam sambutannya Agus Istiqlal mengatakan bahwa peringatan HCTPS merupakan sebuah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam rangka mencapai derajat kesehatan yang lebih baik. "Kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya mencegah terjangkitnya penyakit kepada anak- anak dan masyarakat Pesibar. Terlebih tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan memakai sabun sangat rendah," jelas Agus.

Bupati Agus menerangkan, kegiatan itu juga merupakan sebuah kampanye untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan memakai sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. "Dimana angka kematian untuk anak-anak lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia. Hal itu akibat kurangnya akses air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan," ungkap Agus.

"Berdasarkan hasil penelitian, dengan perubahan prilaku sederhana seperti mencuci tangan memakai sabun dapat mengurangi angka kematian terkait diare hampir 50 persen," timpal Bupati.

Orang nomor satu di Pesibar itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir. "Mari kita bersama-sama berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," tukas Bupati Agus.