Wagub Lampung Sebut Harga Bahan Pokok di Bandarlampung Relatif Stabil

Wagub Lampung Sebut Harga Bahan Pokok di Bandarlampung Relatif Stabil
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan menjelang hari raya Idulfitri 1444 H, di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung, Selasa (18/4/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Chusnunia mengecek stok dan harga sejumlah bahan pokok seperti beras, minyak goreng, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam. Langkah ini juga untuk menjaga inflasi bahan pangan di Provinsi Lampung.

Chusnunia menjelaskan bahwa harga bahan pokok yang terpantau di pasar pasir gintung relatif stabil dan stok dalam kondisi aman.

"Alhamdulilah kawan-kawan bisa menyaksikan, harga stabil. Malah beras cenderung turun, kemudian minyak goreng sesuai HET. Juga, bumbu-bumbu. Daging juga, tidak mengalami kenaikan, persis seperti hari biasa, di harga 130 ribu. Kemudian telur juga 27 ribu, stabil di angka itu," ungkap Chusnunia.

Dia juga mendapatkan fakta di lapangan bahwa harga cabai relatif stabil, bahkan separuh harga bila dibandingkan dengan momen menjelang lebaran pada tahun sebelumnya.

"Cabai juga relatif stabil, ada variatif harga, 16 ribu sampai 35-40 ribu tergantung jenisnya. (Harga) Itu dibandingkan dengan momen yang sama pada tahun sebelumnya, separuhnya," kata Wagub Chusnunia.

Chusnunia juga menerangkan, salah satu yang mempengaruhi stabilnya harga bahan pokok di pasar dikarenakan lancarnya distribusi logistik dan bahan pokok melalui Pelabuhan Ciwandan.

"Dari sisi transportasi, kita ada Ciwandan biar gak kena macet. Ini relatif mempengaruhi harga, juga agar tidak ada stuck dalam distribusinya. Insya Allah stok dan harga aman," kata Chusnunia.