UMKM Metro Dilatih Digital Marketing Melalui Tiktok

METRO - Kepala Dinas
Koperasi, UMK, UM, dan Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah, membuka Pelatihan
digital marketing melalui aplikasi tiktok bagi pelaku UMKM serta program peningkatan
kapasitas koperasi dan UKM Dak Non-Fisik (PK2UKM) TA 2023 di Hotel Grand
Skuntum Kota Metro, Lampung, Rabu (2/8/2023).
Kegiatan diikuti 50 Pelaku UMKM, menghadirkan narasumber
dari CV.Irawan Chips Lampung yakni Andri Irawan dan rekan sebgai Owner dengan
mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan non fisik.
Kepala Bidang Usaha Micro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi
UMK,UM, dan Perindustrian Kota Metro, Omega Iriyani melaporan bahwa pelaksanaan kegiatan
pelatihan digital marketing melalui media tiktok tahun 2023.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021, tentang
kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi usaha mikro, kecil dan
menengah, Peraturan Daerah Kota Metro nomor 8 tahun 2022, tentang APBD Kota
Metro Tahun Anggaran 2023, dan Peraturan Wali Kota Metro Nomor 24 Tahun 2022
tentang gerakan Metro Bangga Beli.
“Latar belakang sektor UMKM Kota Metro yang merupakan
penopang pertumbuhan perekonomian di Indonesia, termasuk di Kota Metro, oleh
karena itu, menjadi keharusan bagi kita Pemerintah Kota Metro untuk memberikan
perhatian khusus kepada para pelaku UMKM di Kota Metro," jelasnya.
Sebagai upaya merespon percepatan bisnis dalam bidang
pemasaran secara digital, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Koperasi, UMK, UM
dan Perindustrian Metro mengadakan pelatihan digital marketing melalui media tiktok
sebagai salah satu upaya pemerintah daerah Kota Metro untuk memfasilitasi
pelaksanaan peningkatan kapasitas sumber daya pelaku Web khususnya di bidang
pemasaran online.
“Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan
pelatihan pada hari ini, yaitu satu sebagai ajang kreativitas produktivitas
serta inovasi dalam hal mempromosikan, sekaligus memasarkan produk UMKM yang
ada di Kota Metro. Mendorong semangat pelaku web Kota Metro, membangun citra
positif atas produk produk UMKM yang ada di Kota Metro, meningkatkan kemampuan
penggunaan aplikasi dan media sosial sebagai alat untuk memajukan usaha, serta
meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM Kota Metro, †terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UMK, UM Perindustrian
Kota Metro Siti Aisyah, berharap kegiatan Pelatihan digital marketing melalui
aplikasi tiktok bagi pelaku UMKM Kota Metro dapat mendukung pencapaian Misi
Kota Metro WIRA yaitu “Meningkatkan Masyarakat Produktif, Berdaya Saing Dalam
Bidang Ekonomi Kreatif dan Wisata Keluarga†guna mendukung Visi Kota Metro
yaitu “Terwujudnya Kota Metro Yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan
Berbudaya.â€
“Pentingnya digital marketing harus dipahami oleh semua
orang yang memiliki usaha atau bisnis, bahwa Setiap usaha membutuhkan strategi
marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan yang nantinya akan semakin
maju," ungkapnya.
Salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing
Tiktok yang merupakan salah satu aplikasi yang sangat digandrungi dan telah di
unduh lebih dari 500 juta pengguna diseluruh dunia.
“Kami menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan yang
diselenggarakan oleh dinas Koperasi, UMK, UM dan perindustrian Kota Metro,
pelatihan digital marketing melalui aplikasi Tiktok Ini adalah suatu bentuk
kesigapan pemerintah untuk merespon perkembangan zaman yang dinilai sangat
penting untuk dipelajari, “ujarnya.
Siti Aisyah juga berpesan kepada segenap peserta dapat
mengikuti pelatihan ini dengan baik agar dapat meningkatkan kemampuan diera
digital dan dapat menjadikan kesempatan ini menjadi titik balik kemajuan usaha
mengingat kemudahan yang disajikan di era digital dapat membuka lebar peluang
kita untuk memasarkan produk-produk secara luas yang tidak mengenal ruang dan
waktu agar dimanfaatkan sebaik mungkin.
“Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam
kegiatan pelatihan ini kami sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang
setinggi-tingginya, Semoga kegiatan ini menjadi bentuk ikhtiar kita untuk
mengangkat derajat ekonomi dan dicatat sebagai amal ibadah disisi Allah
Subhanahu Wata’ala, aamiin yaa robbal ‘alamin," ungkapnya.
Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat terus
dilaksanakan dan dikembangkan secara berkesinambungan, dengan mengikuti
perkembangan zaman dan teknologi terbaru dibidang pemasaran guna mendukung
pelaku UMKM lokal untuk dapat berjaya di pasar lokal maupun internasional.
“Dengan mengucapkan lafazh basmallah
bismillahirrahmaanirrahiim Kegiatan Pelatihan Digital Marketing Melalui Tiktok
secara resmi saya nyatakan Di buka,†pungkasnya.