UMKM Metro Dilatih Digital Marketing Melalui Tiktok

UMKM Metro Dilatih Digital Marketing Melalui Tiktok
Foto: Istimewa

METRO - Kepala Dinas Koperasi, UMK, UM, dan Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah, membuka Pelatihan digital marketing melalui aplikasi tiktok bagi pelaku UMKM serta program peningkatan kapasitas koperasi dan UKM Dak Non-Fisik (PK2UKM) TA 2023 di Hotel Grand Skuntum Kota Metro, Lampung, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan diikuti 50 Pelaku UMKM, menghadirkan narasumber dari CV.Irawan Chips Lampung yakni Andri Irawan dan rekan sebgai Owner dengan mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan non fisik.

Kepala Bidang Usaha Micro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi UMK,UM, dan Perindustrian Kota Metro, Omega Iriyani  melaporan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan digital marketing melalui media tiktok tahun 2023.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021, tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi usaha mikro, kecil dan menengah, Peraturan Daerah Kota Metro nomor 8 tahun 2022, tentang APBD Kota Metro Tahun Anggaran 2023, dan Peraturan Wali Kota Metro Nomor 24 Tahun 2022 tentang gerakan Metro Bangga Beli.

“Latar belakang sektor UMKM Kota Metro yang merupakan penopang pertumbuhan perekonomian di Indonesia, termasuk di Kota Metro, oleh karena itu, menjadi keharusan bagi kita Pemerintah Kota Metro untuk memberikan perhatian khusus kepada para pelaku UMKM di Kota Metro," jelasnya.

Sebagai upaya merespon percepatan bisnis dalam bidang pemasaran secara digital, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Koperasi, UMK, UM dan Perindustrian Metro mengadakan pelatihan digital marketing melalui media tiktok sebagai salah satu upaya pemerintah daerah Kota Metro untuk memfasilitasi pelaksanaan peningkatan kapasitas sumber daya pelaku Web khususnya di bidang pemasaran online.

“Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan pada hari ini, yaitu satu sebagai ajang kreativitas produktivitas serta inovasi dalam hal mempromosikan, sekaligus memasarkan produk UMKM yang ada di Kota Metro. Mendorong semangat pelaku web Kota Metro, membangun citra positif atas produk produk UMKM yang ada di Kota Metro, meningkatkan kemampuan penggunaan aplikasi dan media sosial sebagai alat untuk memajukan usaha, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM Kota Metro, ” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UMK, UM Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah, berharap kegiatan Pelatihan digital marketing melalui aplikasi tiktok bagi pelaku UMKM Kota Metro dapat mendukung pencapaian Misi Kota Metro WIRA yaitu “Meningkatkan Masyarakat Produktif, Berdaya Saing Dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Wisata Keluarga” guna mendukung Visi Kota Metro yaitu “Terwujudnya Kota Metro Yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.”

“Pentingnya digital marketing harus dipahami oleh semua orang yang memiliki usaha atau bisnis, bahwa Setiap usaha membutuhkan strategi marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan yang nantinya akan semakin maju," ungkapnya.

Salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing Tiktok yang merupakan salah satu aplikasi yang sangat digandrungi dan telah di unduh lebih dari 500 juta pengguna diseluruh dunia.

“Kami menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas Koperasi, UMK, UM dan perindustrian Kota Metro, pelatihan digital marketing melalui aplikasi Tiktok Ini adalah suatu bentuk kesigapan pemerintah untuk merespon perkembangan zaman yang dinilai sangat penting untuk dipelajari, “ujarnya.

Siti Aisyah juga berpesan kepada segenap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik agar dapat meningkatkan kemampuan diera digital dan dapat menjadikan kesempatan ini menjadi titik balik kemajuan usaha mengingat kemudahan yang disajikan di era digital dapat membuka lebar peluang kita untuk memasarkan produk-produk secara luas yang tidak mengenal ruang dan waktu agar dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelatihan ini kami sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, Semoga kegiatan ini menjadi bentuk ikhtiar kita untuk mengangkat derajat ekonomi dan dicatat sebagai amal ibadah disisi Allah Subhanahu Wata’ala, aamiin yaa robbal ‘alamin," ungkapnya.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkesinambungan, dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi terbaru dibidang pemasaran guna mendukung pelaku UMKM lokal untuk dapat berjaya di pasar lokal maupun internasional.

“Dengan mengucapkan lafazh basmallah bismillahirrahmaanirrahiim Kegiatan Pelatihan Digital Marketing Melalui Tiktok secara resmi saya nyatakan Di buka,” pungkasnya.