Tokoh Pemuda Tulangbawang Barat Dukung Aksi Warga Tanam Pohon di Jalan Provinsi

Tokoh Pemuda Tulangbawang Barat Dukung Aksi Warga Tanam Pohon di Jalan Provinsi
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT–Aksi warga Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, yang menanam pohon pisang di tengah badan jalan mendapat dukungan dari tokoh pemuda setempat.

Agus Tomi, tokoh pemuda tersebut mengungkapkan, aksi yang dilakukan warga sebagai bentuk protes terhadap pemerintah provinsi yang tak kunjung jalan tersebut.

“Kerusakan jalan provinsi ini sudah cukup lama. Bahkan ruas ini kerap menelan korban karena jalan yang berlubang dan licin saat hujan,” ujar Ketua Pemuda Pancasila periode 2011-2015 tersebut, Selasa (23/1/2023).

Agus menilai Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hanya umbar janji akan memperbaiki jalan penghubung antara Kabupaten Tulangbawang Barat dan Waykanan tersebut. Semestinya, kata dia, pemerintah provinsi lebih memprioritaskan perbaikan jalan tersebut, yang merupakan akses ke wilayah kelahiran Arinal Djunaidi.

Dalam konteks ini, Agus Tomi menyoroti usulan perbaikan jalan yang telah diajukan oleh Komisi III DPRD Tulangbawang Barat sejak 2023.

Meski usulan tersebut telah disampaikan, Agus tomi menekankan bahwa jika keadaan jalan semakin memburuk, Dinas PUPR Tulangbawang Barat seharusnya mengambil tindakan awal dengan menimbun bagian lubang, meskipun perbaikan sebenarnya menjadi kewenangan provinsi.

Protes warga ini menjadi sorotan karena mencerminkan ketidakpuasan terhadap kondisi jalan yang selama ini menjadi perhatian, namun belum mendapatkan solusi yang memadai.