Prodi Manajemen IIB Darmajaya Dorong Mahasiswa Berwirausaha

BANDARLAMPUNG –
Program studi (Prodi) Manajemen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya
menggelar Kuliah Umum Alumni Goes to Campus “Kuliah Sambil Berbisnis, Why Not?â€
bertempat di Co Working Space, Senin (26/6/2023).
Alumni yang menjadi pembicara adalah Annisya Reskyla Izati
yang juga owner Haloca Beauty. Kuliah umum diikuti calon mahasiswa baru Prodi
Manajemen dan masyarakat umum.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB
Darmajaya Aswin mengatakan, calon mahasiswa yang hari ini hadir juga
mendapatkan ilmu tentang berbisnis langsung dari alumni Prodi Manajemen.
“Luar biasa untuk Program Studi Manajemen menggelar kegiatan
ini. Saat ini dengan berbagai macam media dapat mendukung Anda berwirausaha.
Gedung ini juga untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin berwirausaha,â€
ungkapnya.
Secara umum, lanjut dia, Fakultas mendorong mahasiswa siap
berwirausaha. Jadi, kata Aswin, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa
dilakukan mahasiswa. “Kalau tanya bagaimana caranya nanti Kak Anisya yang akan
membagikan itu semua. Semoga nanti mendapatkan ilmu bermanfaat dan siapa tahu
nanti akan langsung berwirausaha,†tuturnya.
Sementara, Ketua Prodi Manajemen Susanti mengatakan, Kuliah
Umum ini juga untuk menambah informasi cara memulai berbisnis.
“Kegiatan ini kami adakan sebagai ucapan terima kasih kepada
kalian yang telah bergabung di IIB Darmajaya. Semoga nanti ada
kegiatan-kegiatan lainnya,†kata dia.
Dalam kesempatan tersebut, Annisya Reskyla Izati
mengungkapkan, dia menjalankan bisnis awal mulanya dari berjualan baju sejak
SMP.
“Bagaimana mendapatkan uang lebih. Kok bisa sih jualan laku,
anak dari kampung berjualan di kota,†ungkapnya.
Dahulu, kata dia, berjualan baju rajut yang kala itu memang
sedang booming. “Terus 2019 jualan masker organik dan semester dua menjual
skincare dengan brand orang,†ujarnya.
Berhasil menjual skincare, dia pun memberanikan untuk
membuat skincare sendiri. “Ketika wisuda saya merencanakan untuk launching
skincare Halocabeuty yang berbeda dengan lainnya. Didalamnya terdapat 19 zat
aktif yang tidak dimiliki oleh produk lainnya,†jelasnya.
Bulan pertama launching, kata Annisya, pemesanan mencapai 25
ribu. “Sekarang untuk berjualan atau bisnis sudah mudah dengan memanfaatkan
media sosial seperti Tiktok. Saya live awal-awal sedikit yang nonton, tetapi
ketika konsisten maka ramai hingga tembus 100 pesanan,†tuturnya.
Untuk promosi, lanjut dia, juga dengan melakukan live di
Tiktok. “Kita bisa membuat video promosi yang di post di Tiktok. Yang
terpenting konsistensi,†imbuhnya.
Menurut dia, mahasiswa bisa menjalani usaha dengan membagi
waktunya. “Sekarang sudah dunia digital. Cukup meng-upload video konten dan
akan berjalan usahanya,†terangnya.
Kini, usaha yang dijalani juga telah mencapai mancanegara.
“Sudah kirim ke Malaysia, Thailand, Taiwan. Karena sekarang berbisnis itu
gampang banget,†bebernya.
Annisya menambahkan dengan konsisten dan
memiliki tujuan serta target yang jelas maka akan tercapai semua keinginan.
“Ketika pesanan tembus 1.000, kita harus tingkatkan kembali mencapai 5.000 dan
seterusnya,†kata dia.