PKLI Unila Sambut 13 Mahasiswa Asing

PKLI Unila Sambut 13 Mahasiswa Asing
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI) Universitas Lampung (Unila) sambut mahasiswa asing melalui Orientasi Mahasiswa Internasional Baru Unila, di ruang sidang lantai empat gedung Rektorat setempat, Jumat (1/12/2023).

Tahun ini Unila menerima 13 mahasiswa asing pada program sarjana, magister, dan doktor. Mereka antara lain Abdul Basit (Afghanistan) pada program doktor, Yahia K.I. Taha (Palestina), Ahmed T. M. Al Qaderi (Palestina), Aman Kraidam (Thailand), Lookman (Thailand), Omar Abdul-Raoof (Yaman), dan Sondos Ali Galal (Mesir) pada program magister.

Selanjutnya mahasiswa pada program sarjana, yakni Raed Basheer Abbas Hasan Al-Zuraiqi (Yaman), Adel Ali Ali Al Haddad (Yaman), Rassam Moqbel Saleh Marfaq (Yaman), Ahmed Gorani (Sudan), Ghadeer Basheer Abbas Hasan (Yaman), dan Firas H. A. Abuzur (Palestina).

Wakil Rektor Bidang PKTIK Ayi Ahadiat mengatakan, tujuan program penerimaan mahasiswa asing di Unila sebagai pintu kerja sama Unila dengan dunia internasional. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya dalam akselerasi menuju world class university.

Para mahasiswa baru akan difasilitasi sebuah asrama yang ada di Rusunawa dan Mess Unila, serta diadakan kursus singkat agar memudahkan adaptasi mahasiswa asing dalam proses perkuliahannya.

“Saya berharap kalian yang sudah diterima di Unila dapat menyelesaikan studi tepat waktu,” ujarnya.

Kepala UPT PKLI Unila Prof Irza Sukmana dalam laporannya menegaskan, inti diadakannya orientasi hari ini untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa asing dalam mengurus proses administrasi dan tercapainya kesuksesan belajar mereka di Indonesia.

“Jika kalian mengalami masalah atau kendala, UPT PKLI hadir menjadi naungan terhadap kendala yang kalian hadapi selama di sini,” ungkapnya.

Untuk membekali mahasiswa asing selama berada di Indonesia, Unila menyiapkan sejumlah materi orientasi mengenai peraturan akademik dan non-akademik, serta materi keimigrasian dari Kepala Subbagian Izin Tinggal Imigrasi, Kantor Kelas 1 TPI Bandarlampung.