Pencapaian PNBP Tertinggi, Kanwil Kumham Banten Diapresiasi
BATAM – Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Mohamad Aliamsyah mengapresiasi Capaian PNBP Layanan AHU Triwulan I per 18 Maret 2022 yang diraih Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten sebesar Rp34.069.650.000.
“Capaian ini menjadi yang tertinggi di zona zona I,” ungkap Mohamad Aliamsyah pada rapat koordinasi yang diselenggarakan Ditjen AHU dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan target kinerja Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bidang Administrasi Hukum Umum Tahun 2022 di Kota Batam, Riau, Rabu (22/03/2022).
Rakor ini diselenggarakan bersama 16 Kantor Wilayah Kemenkumham di Zona I.
Mohamad Aliamsyah dalam pembukaannya menyampaikan bahwa permasalahan PPNS yang perlu dioptimalkan pelaporan dan pemutahiran datanya melalui aplikasi PPNS merupakan capaian kinerja yang menjadi titik fokus di tahun 2022. Selain itu, pelaksanaan PMPJ oleh Notaris di Wilayah, juga menjadi perhatian khusus
“Di tahun 2022 ini target capaian kinerja harus difokuskan kepada terlaksananya kegiatan penyebaran informasi layanan AHU di Wilayah, baik mengenai Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan, Partai Politik, Perseroan Perorangan, dan Layanan Apostille,” ujar Mohamad Aliamsyah.
Sedangkan, Direktur Perdata, Santun Maspari Siregar menyampaikan terkait penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa oleh Notaris. Dia mendorong Kantor Wilayah untuk menyiapkan materi berdasarkan kepada standar dan acuan dan pentingnya peran MPD dan MPW dalam pengawasan mengingat kewajiban Notaris dalam menerapkan PMPJ
“Target Kinerja PMPJ yang dihindari ada 2 yakni tindak Pidana Terorisme dan Tindak Pidana Pencucian Uang oleh korporasi, sehingga maksimalkan peran MPD dan MPW terutama dalam hal memegang protokol,” ujar Santun
Mendapatkan apresiasi sebagai Kantor Wilayah dengan capaian PNBP Layanan AHU Triwulan I Tertinggi per 18 Maret 2022, dalam keterangan yang diberikan kepada tim humas, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Andi Taletting Langi tentu bersyukur, namun tak ingin berbangga diri, ia mengatakan akan terus memberikan kinerja terbaik
“Tentunya, kami bangga dengan pencapaian di awal triwulan ini, namun ini adalah langkah awal untuk semakin meningkat lagi kedepannya. Ini menjadi semangat dan pemicu bagi kami di Divisi Pelayanan Hukum dan HAM khusunya di Subbidang Administrasi Hukum Umum untuk terus memberikan kinerja terbaik dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tandasnya.