Maksimalkan Pelayanan, DPKP Tulangbawang Barat Tambah Pos Damkar

Maksimalkan Pelayanan, DPKP Tulangbawang Barat Tambah Pos Damkar
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG BARAT – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung menambah pos baru pemadam kebakaran (damkar) di wilayah Utara.

Pos baru ini di Tiyuh (Desa) Kibangbudi Jaya, Kecamatan Lambukibang, mulai beroperasi sejak Jumat (7/7/2023).

Kepala DPKP Tulangbawang Barat Apriansyah melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Nur Budiman mengatakan, penambahan pos baru ini upaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Juga mempercepat waktu penanganan kedaruratan sehingga pelayanan dapat lebih maksimal,” kata dia, Selasa (11/7/2023).

Pada pos baru tersebut, DPKP Tulangbawang Barat menyiapkan 15 personel Damkar yang terbagi dalam 3 regu, masing-masing regu 5 personel. Kemudian, terdapat pula 1 unit armada mobil Damkar.

"Dengan penambahan pos baru ini, maka Tulangbawang Barat sudah memiliki tiga pos Damkar, yang pertama terletak di Tiyuh Candramukti Kecamatan Tulangbawang Tengah, kedua di kantor Pemda, dan ketiga di Lambukibang," jelasnya.

Nur Budiman juga menerangkan, untuk Call Center pada pos baru Damkar di wilayah utara, yang meliputi Kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa, Way Kenanga, Gunung Terang, Gunung Agung, dan Batu Putih, jika terjadi kebakaran dapat menghubungi ke nomor 0812-7934-414.

Adapun untuk wilayah selatan yang terdiri dari Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik, dan Tumijajar, Call Center masih tetap sama seperti dulu yaitu ke nomor 0813-6907-7921.

"Sebenarnya posko pemadam itu idealnya memang harus berada di setiap Kecamatan. Namun, untuk merealisasikan hal tersebut, tentunya bertahap dan melihat kemampuan anggaran, apalagi di Tulangbawang Barat ini kita memang baru memiliki 3 unit armada Damkar saja dan 1 unit armada mobil untuk mengangkut petugas Damkar," terangnya.

Dia berharap dengan adanya penambahan pos pemadam kebakaran baru itu, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat saat terjadi suatu musibah atau bencana kebakaran dengan waktu respon yang lebih cepat.

"Kita optimalkan yang ada, semoga kedepannya kita bisa terus meningkatkan pelayanan kita, dan baik pos maupun armada juga diharapkan dapat terus bertambah secara bertahap," pungkasnya.