Giatkan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Jadi Fokus Program PKK Pemdes Sukajaya Lampura

Giatkan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Jadi Fokus Program PKK Pemdes Sukajaya Lampura
(Foto:Istimewa)

Lampung Utara - Monologis.id. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa bahkan ditingkat  masyarakat pedesaan.

Guna mewujudkan hal itu pemerintahan desa Sukajaya Kecamatan Sungkai Jaya Lampura melaksanakan Rakor Bulanan PKK di balai desa setempat pada Sabtu (01/06/2024)

Kepala Desa Sukajaya, Pasriadi mengatakan PKK merupakan mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan hidup dalam suasana harmonis, serta dilandasi dengan keimanan, dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"PKK memiliki peran penting dalam membangun dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta dalam bidang ekonomi dan kesehatan. PKK berperan dalam memberdayakan ekonomi keluarga melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), menggerakkan posyandu, dan membantu ibu hamil, melahirkan, serta menjadi langkah pencegahan stunting,” paparnya.

Kades Srijaya juga mengharapkan kedepannya kinerja PKK terus ditingkatkan seperti bidang pendidikan kesehatan dengan memaksimalkan keberadaan posyandu dan kader didesa.

Senada dengan hal tersebut, Camat Sungkai Jaya, Desputra Adami menekankan bahwa peran posyandu sangat penting dan menjadi ujung tombak pembangunan, terutama di desa.

Posyandu saat ini, kata dia, tidak hanya berperan sebagai objek pembangunan, tetapi juga entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonom desa.

“Kelembagaan posyandu merupakan bagian dari kewenangan lokal, perannya sangat penting bagi desa dan diharapkan peran mampu bersinergi dengan pemerintah desa dan gerakan PKK dalam pembangunan kesehatan, terutama dalam penanggulangan stunting yang menjadi prioritas saat ini,” paparnya.