Dinkes Tulangbawang Barat Senam Bersama Petugas Pemilu

Dinkes Tulangbawang Barat Senam Bersama Petugas Pemilu
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT–Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang Barat, Lampung, menggelar senam bersama petugas Pemilu.

Kegiatan tersebut berlangsung secara serentak di 16 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas se-Kabupaten Tulangbawang Barat, Jumat (2/2/2024).

Kegiatan tersebut diikuti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Bawaslu, TNI, POLRI, dan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat Majril menyampaikan bahwa senam bersama ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bersama (SEB) tentang pelaksanaan skrining dan riwayat kesehatan bagi petugas penyelenggara Pemilu dan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Selain itu, kegiatan ini juga merespons Surat Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Nomor KO.03.01/IV/160/2024 tanggal 29 Januari 2024 tentang permohonan fasilitasi senam bersama petugas Pemilu.

"Alhamdulillah hari ini kita telah melaksanakan senam bersama sesuai dengan instruksi Kemenkes melalui UPTD Puskesmas, dalam upaya mempersiapkan, menjaga kesehatan, dan kebugaran para petugas Pemilu menjelang pemungutan suara," ujarnya.

Majril juga menekankan, pentingnya kesehatan dan kebugaran para penyelenggara Pemilu, khususnya KPPS, sebagai pilar keberhasilan Pemilu. Dalam pandangannya, kesiapan fisik dan mental petugas Pemilu harus menjadi prioritas.

"Saya berharap, dengan adanya senam bersama ini, seluruh petugas Pemilu lebih siap dan tetap terjaga kesehatannya demi mensukseskan Pemilu serentak 2024 yang pelaksanaannya sebentar lagi," pungkasnya.