Pemkab Tulangbawang Barat Gelar Musrembang Penyusunan RPJPD 2025-2045

Pemkab Tulangbawang Barat Gelar Musrembang Penyusunan RPJPD 2025-2045
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG BARAT–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, Lampung, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang)  dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Tulangbawang Barat, Selasa (23/4/ 2024) ini mengangkat tema "Maju Sejahtera dan Berkelanjutan"

Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat M. Firsada dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya RPJPD sebagai instrumen utama dalam menciptakan keselarasan visi misi pembangunan dari tingkat daerah hingga pusat.

"RPJPD ini penting karena memberikan keselarasan dalam visi misi pembangunan, mulai dari tingkat daerah, provinsi, hingga pusat," ungkapnya

Firsada juga menjelaskan bahwa RPJPD bertujuan sebagai bingkai bagi pembangunan daerah, dengan acuan dari tingkat RT RW yang menjadi pedoman bagi kepala daerah dalam merumuskan langkah-langkah pembangunan yang tepat. RPJPD yang akan dibuat akan terdiri dari 5 sasaran visi, 8 misi agenda pembangunan, 17 sasaran pokok, dan 45 indikator Utama Pembangunan.

"Dalam waktu yang terbatas, setiap perangkat daerah harus mampu menggunakan kewenangannya secara optimal untuk memajukan daerah," kata Firsada.

Diharapkan RPJPD ini tidak hanya menjadi dokumen formal, tetapi juga menjadi panduan konkret bagi setiap perangkat daerah dalam menjalankan tugasnya untuk kemajuan daerah, dengan program-program pembangunan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Dengan penyusunan RPJPD yang matang, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kemajuan yang sejahtera dan berkelanjutan bagi masyarakat di wilayah Tulangbawang Barat,” pungkasnya