Pasar UMKM Lampung Diresmikan

Pasar UMKM Lampung Diresmikan
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG-Lampung memiliki pasar UMKM yang berlokasi di PKOR Wayhalim, Bandarlampung.

Pasar UMKM tersebut diresmikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN Rainoc, Selasa (4-6-2024).

Diharapkan pasar UMKM ini nantinya akan menjadi etalase bagi produk-produk UMKM unggulan dari 15 Kabupaten/Kota se-Lampung, sebagai tempat promosi dan penjualan sekaligus sebagai pusat pengembangan inovasi bagi pelaku UMKM di Provinsi Lampung. 

Arinal menyampaikan bahwa pelaku ekonomi berskala kecil dan menengah adalah pelaku ekonomi yang penting baik bagi perekonomian Lampung maupun nasional.

"UMKM sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja maupun bagi pertumbuhan ekonomi," ujar Arinal.

Dalam perkembangan beberapa tahun terakhir, kualitas produk-produk UMKM Lampung telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menggembirakan. Saat ini produk wastra Lampung semakin  dikenal dan digemari baik nasional dan global, ditandai dengan semakin  seringnya produk tapis dan produk wastra Lampung, dijadikan inspirasi bagi fashion dibeberapa event nasional maupun internasional. Begitu juga dengan produk-produk kuliner tumbuh cukup signifikan.

"Terakhir pada saat acara puncak  Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-44 Solo beberapa waktu yang  lalu,  Ibu  Negara dan Ibu-Ibu Menteri Kabinet Indonesia Maju, menggunakan kebaya yang didesain oleh Desainer Nasional dengan menggunakan teknis Tapis hasil karya produk UMKM binaan Dekranasda Provinsi Lampung," ujarnya.

Arinal mengatakan di tengah persaingan pasar global yang cukup tinggi, beberapa produk UMKM Lampung telah berhasil melakukan penetrasi ke pasar internasional dengan melakukan ekspor ke berbagai negara. Sehingga UMKM, telah berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk menumbuhkan pusat hilirisasi dari produk UMKM sekaligus untuk memperluas akses  pemasaran dan penjualannya, Gubernur Lampung menginisiasi pembangunan Pasar UMKM tersebut

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh pelaku UMKM di Provinsi Lampung,  Arinal menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Menteri BUMN Republik Indonesia, jajaran 14 BUMN, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung,  serta kepada semua pihak  atas bantuan dan partisipasi yang diberikan sehingga terlaksananya Pembangunan Pasar UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Rainoc mengapresiasi 14 BUMN yang sudah berkontribusi untuk membangun Pasar UMKM ini.

"Pasar UMKM Lampung dibangun dalam rangka menyediakan tempat pada pelaku usaha UMKM Provinsi Lampung," ujarnya.

Dia berharap masyarakat, khususnya UMKM dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh BUMN dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung.