Panen Cabai, Wakil TP PKK Lampung Utara Harapkan Ekonomi Masyarakat Kian Membaik

Panen Cabai, Wakil TP PKK Lampung Utara Harapkan Ekonomi Masyarakat Kian Membaik
Foto: istimewa

LAMPUNG UTARA - Wakil Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Utara, Devriyana Marda Ardian, mengapresiasi petani di Desa Pengaringan, Kecamatan Abungbarat,  yang dinilai sukses dalam budidaya tanaman cabai.

Hal itu disampaikan saat menghadiri panen perdana cabai di desa setempat.

Dia berharap dengan panen cabai yang maksimal tersebut dan harga yang masih baik maka ekonomi masyarakat dapat terus membaik.

"Ini langkah luar biasa karena petani desa Pengaringan dapat berhasil dalam budidaya tanaman cabai karena selain hasil yang melimpah juga tidak ditemukan penyakit pada cabai itu dengan kondisi fisik yang segar dan harga yang terbilang baik sehingga meningkatkan penghasilan masyarakat," jelas Devriyana, Jumat (21/7/2023).

Dia menambahkan program tanam cabai itu bisa dilakukan di desa lain mengingat budidaya tanaman tersebut tidak membutuhkan lahan yang luas bahkan dapat dilakukan dipekarangan, pot maupun polybag dan lainnya.

"Harga cabai itu selalu naik turun, sehingga dengan harga yang mahal maka ibu rumah tangga akan kesulitan namun bila budidaya ini dilakukan di pekarangan maka tidak perlu membeli karena tinggal petik dilapangan," ujar Devriyana.

Ditempat yang sama Kades Pengaringan, Zarkasih mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat didesanya menjadi konsentrasi dalam pengelolaan Dana Desa.

"Khususnya Desa Pengaringan kami lebih berkonsentrasi pada pemberdayaan masyarakat seperti peternakan kambing, pengelolaan wisata Grent Belt, dan bidang pertanian pada budidaya tanaman cabai, pembagian bibit alpukat dan lain sebagainya" ujar Zaskasih.

Selain itu disebutkannya bahwa terdapat gilingan padi milik desa dan pembibitan tanaman unggulan yang telah memiliki pangsa pasar tersendiri.

"Infrastruktur itu sangat penting, namun membangun ekonomi masyarakat kami anggap skala prioritas karena diharapkan masyarakat dapat lebih produktif dan memiliki penghasilan yang baik" pungkas kades Pengaringan.

Disamping kegiatan panen raya tersebut Wakil Ketua TP PKK didampingi oleh  tim dari Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan dengan agenda pengajian rutin di Desa Pengaringan dan pembinaan ibu PKK desa serta pemberian bantuan kursi roda sebanyak 10 buah.