Kejar Prestasi MTQ, Tulangbawang Barat Akan Beri Pembinaan ke Kafilah

Kejar Prestasi MTQ, Tulangbawang Barat Akan Beri Pembinaan ke Kafilah
Kabag Kesra Tulangbawang Barat Nurkholis Majid | Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, Lampung melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) berencana menggelar program pembinaan bagi kafilah asal kabupaten setempat.

Pembinaan ini akan dimulai pada Maret 2023 mendatang, untuk mendapatkan bibit-bibit kafilah yang unggul dan berpretasi sehingga bisa bersaing di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten maupun provinsi

"Pembinaan tersebut merupakan program prioritas utama Pemkab Tulangbawang Barat," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Kesra Nurkholis Majid, Selasa (10/1/2023).

Adapun cabang yang akan dilakukan pembinaan yaitu Fahmil Qur’an, Syarhil Quran, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Khattil Quran, Tartil Quran, dan Tilawatil Quran serta Hafalan Hadist.

"Pembinaan tersebut terbagi di beberapa lokasi pondok pesantren yang ada di Tulangbawang Barat  dan akan berafiliasi dengan mereka. Untuk tempat pembinaan yaitu Pondok Pesantren Al-Furqon, Pondok Qur’an Center, Pondok pesantren Nurul Qur’an, dan Pondok Pesantren Al-fatah," jelasnya

Nurkholis menambahkan, pembagian tersebut merupakan pesan langsung dari ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Novriwan Jaya.

"Untuk anggaran berasal dari APBD Murni dan untuk maksimum kuota peserta berkisar 70 sampai 100 orang dimulai dari anak-anak hingga dewasa dengan usia 7 sampai 40 tahun,"terangnya.

Pembina akan melibatkan Dewan Hakim dan pelatih yang sudah berpengalaman baik tingkat provinsi maupun nasional.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan memberikan pelajaran kepada kafilah agar dapat meningkatkan pengetahuan mereka sehingga dapat menjadi Qori-Qoriah, hafidz-hafidzah berkualitas.

"Pada waktu mengikuti perlombaan mereka bisa mendapatkan juara di dan terutama mereka mendapat kan ilmu mensyiarkan Agama Islam kedepannya lebih maksimal lagi," tuturnya

Nurkholis berharap dengan pembinaan ini mampu mengharumkan Tulangbawang Barat  dan menumbuhkan kafilah-kafilah yang kompeten.

"Saya berharap, dengan adanya pembinaan ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pada agama, serta memantapkan kafilah-kafilah Tulangbawang Barat  untuk kedepannya dapat mendapatkan hasil yang lebih baik dari Tahun-Tahun sebelumnya," pungkasnya.