Hanya Sampai 31 Mei, Naturalisasi Khusus Jadi WNI Hanya Rp5 Juta

Hanya Sampai 31 Mei,  Naturalisasi Khusus Jadi WNI Hanya Rp5 Juta
Kakanwil kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto | Foto: Istimewa

TANGERANG-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten menggelar diseminasi kewarganegaraan dan pewarganegaraan, Jumat (17/05/2024). 

Melalui diseminasi ini, Kanwil Kemenkumham Banten menyosialisasikan bahwa pendaftaran pewarganegaraan bagi anak berkewarganegaraan ganda melalui jalur istimewa hanya sampai 31 Mei 2024.

 “Melalui pendaftaran jalur istimewa ini, untuk mengajukan permohonan menjadi warga negara RI atau naturalisasi khusus membayarkan biaya PNBP hanya lima Juta Rupiah, sedangkan lewat dari 31 Mei 2024 PNBP sebesar 50 Juta Rupiah,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, bahwa yang menjadi Warga Negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

Diseminasi layanan kewarganegaraan dan pewarganegaraan diisi dengan pemberian materi oleh narasumber.

Materi pertama mengenai Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan oleh Direktur Tata Negara aAministrasi Hukum Umum Kemenkumham RI.

Materi kedua mengenai peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan oleh Kepala bidang pencatatan sipil pada dinas kependudukan dan catatan Sipil Kota Tangerang Selatan

Materi ketiga mengenai Berjuang untuk Hak Keluarga Perkawinan Campuran oleh Aliansi Pelangi Antarbangsa.