Bapperida Tulangbawang Barat Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik

Bapperida Tulangbawang Barat Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
kepala Bidang Riset dan Inovasi, Andri Purnomo | Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT-Badan Perencana Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Tulangbawang Barat, Lampung, akan melakukan kepuasan masyarakat terhadapnya pelayanan publik.

Kepala Bapperida melalui kepala Bidang Riset dan Inovasi, Andri Purnomo, mengungkapkan bahwa survei kepuasan masyarakat sesuai dengan PermenPAN RI Nomor 14 Tahun 2017.

“Kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik,” kata Andri, Senin (18-11-2024).

Menurutnya, survei ini dilakukan dilakukan untuk memperoleh Indeks Kepuasan masyarakat dengan, Mengukur kinerja pelayanan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat tahun setiap tahunnya.

“Tujuannya untuk mendapatkan gambaran tentang kepuasan warga terhadap kinerja Pemerintah  di tahun 2024. Selain itu, mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik,”ujarnya

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga untuk memetakan penilaian capaian kinerja program pemerintahan yang mendapatkan apresiasi di tengah masyarakat serta Merumuskan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan di lingkup pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat  tentang program yang optimal serta dibutuhkan masyarakat maupun program pemerintah daerah yang masih perlu kajian lebih lanjut.

Kegiatan ini lanjutnya nya, diikuti oleh perwakilan 10 organisasi perangkat Daerah (OPD) dan 9 kecamatan dan 16 Puskesmas serta 1 RSUD, yang memang keseluruhan nya bersifat pelayanan publik.

“Jadi memang di dalam kegiatan survei ini ,kita melibatkan tim khusus dari luar OPD, dan mereka yang turun langsung ke masyarakat untuk melakukan penilaian kinerja Pemkab terkait  dengan pelayanan,”terangnya

Dirinya menambahkan, Dokumen Akhir Kajian yang memuat hasil temuan lapangan terkait  tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemkab Tulangbawang Barat, yang di breakdown ke dalam angka Indek Kepuasan Masyarakat serta  analisis dan rencana tindak lanjutnya.

“Penilaian ini ada 9 unsur setiap yunitnya dan ini tentunya akan ada tindak lanjuti di mana yang kurang baik sehingga perlu di di evaluasi. Kedepannya,”imbuhnya. (ADV)