ASDP Bakauheni Sosialisasikan Manifest Penumpang ke Pengguna Jasa

ASDP Bakauheni Sosialisasikan Manifest Penumpang ke Pengguna Jasa
Foto: Wandi/monologis.id

LAMPUNG SELATAN – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, melakukan sosialisasi manifest terhadap penumpang kapal ferry yang akan menyeberang ke pelabuhan Merak, Banten.

Ini dilakukan supaya para penumpang terdaftar di daftar manifest penumpang kapal ferry.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni, Partogi Tamba, melaui Humas Syaifullahil, mengatakan, bahwa dalam sosialisasi manifest ini, agar para penumpang atau penguna jasa memiliki kesadaran untuk memasukan identitas penumpang ke daftar manifest saat beli tiket melalui aplikasi ferizy.

“Pengguna jasa yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni wajib memasukan identitas diri termasuk anak-anak. Semuanya agar terdaftar di manifest penumpang,” katanya, Rabu (30-7-2025).

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, apabila para penlngguna jasa tidak terdaftar di manifest, nantinya akan sulit mengklaim asuransi dan lainnya.

“Disini kami sebagai operator pelayanan sekaligus operator kapal mengimbau kepada para pengguna jasa kapal ferry, supaya data dirinya dimasukan ke daftar manifest saat membeli tiket. Apabila tidak, nantinya akan sangat sulit untuk mengklaim asuransi, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya penumpang sangat rugi,” kata Syaifullahil.

Dia mengungkapkan, sosialisasi manifest ini baru berjalan dua hari ini, dan akan di laksanak 7 hari ke depan, “Apabila dirasa kurang, nantinya akan di tambah lagi,” tutupnya.