Sahabat Peduli Lampung Tengah Sambangi Warga yang Butuh Penanganan Kesehatan

Sahabat Peduli Lampung Tengah Sambangi Warga yang Butuh Penanganan Kesehatan
Foto: Deni Fernando/monologis.id

LAMPUNG TENGAH – Effendi Arbain inisiasi Komunitas Sahabat Peduli Lampung Tengah, sebuah gerakan di bidang sosial, kemanusiaan dan kesehatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Komunitas Sahabat Peduli Lampung Tengah itu nantinya menjangkau semua masyarakat kurang mampu mencakup 28 kecamatan dan 311 kampung/kelurahan.

Effendi menjelaskan, Komunitas Sahabat Peduli Lamteng terdiri dari berbagai elemen masyarakat, swasta dan pemerintahan, seperti Dinas Kesehatan, Puskemas, Dinas Sosial, camat, kepala kampung, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Sahabat Harapan Bunda (Harbun).

Komunitas Sahabat Peduli Lamteng menyambangi tiga warga yang membutuhkan penanganan kesehatan di tiga kampung berbeda di Kecamatan Terusan Nunyai, Rabu (11/10/2023).

"Di tempat pertama di Kampung Baru kami memberikan bantuan penanganan kesehatan untuk Lufita (5), anak yang didiagnosa gangguan saraf otak akibat kejang demam sejak usia bayi," kata Effendi Arbain.

Di tempat kedua, rombongan mendatangi kediaman Cintia (10) penderita hernia atau selaput perut pada pusar sobek sejak masih kecil.

Di Kampung Gunung Batin Baru, tim Komunitas Sahabat Peduli Lamteng memberikan medical check up serta bantuan pangan dan nutrisi kepada Daud (60), warga yang didiagnosa mengalami cuci darah.

"Di semua lokasi yang kami datangi hari ini, tim yang juga terdiri dari tenaga kesehatan, turut memberikan medical check up kepada warga yang memerlukan bantuan penanganan kesehatan," imbuhnya.

Untuk pasien Lufita yang memerlukan penanganan medis, langsung diberikan tindakan oleh tim IZI dan Sahabat Harbun untuk dirujuk ke rumah sakit saat itu juga.

Gerakan melalui Komunitas Sahabat Peduli Lamteng menurut Effendi Arbain, tidak hanya dilaksanakan saat itu juga, melainkan akan dilakukan secara kontinu.

"Kami akan terus bergerak tidak hanya hari ini, namun kontinu minimal satu pekan sekali, tidak hanya di Kecamatan Terusan Nunyai, tapi juga di seluruh kecamatan hingga kampung di Kabupaten Lampung Tengah," jelas lelaki yang juga menjabat Camat Terusan Nunyai itu.

Di satu sisi, Komunitas Sahabat Peduli Lamteng lanjut Effendi melakukan koordinasi intensif bersama Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, Disdukcapil, hingga pihak kecamatan guna membantu kelengkapan administrasi bagi masyarakat yang belum mempunyai data yang lengkap agar dapat dipergunakan sesuai peruntukkannya.

Untuk itu Effendi juga mengajak camat hingga kepala kampung apabila ada warga yang membutuhkan perawatan medis untuk bersinergi dengan Komunitas Sahabat Peduli Lamteng.

Sementara Nanda mewakili Sahabat Harbun dan IZI menerangkan, pihaknya bersama Komunitas Sahabat Peduli Lamteng akan secara sukarela memberikan bantuan serta penanganan medis untuk masyarakat kecil yang membutuhkan.

"Sahabat Harbun (Rumah Sakit Harapan Bunda), kami bersama Komunitas Sahabat Peduli Lamteng akan selalu siap berusaha berjalan bersama berkolaborasi khususnya dari sisi pelayanan kesehatan bagi warga Lampung tengah

Ia berharap, harapan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan serta obat tidak hanya dirasakan oleh masyarakat menengah ke atas, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat.

Nanda juga menerangkan, program zakat melalui IZI yang bersumber dananya dari seluruh karyawan dan pimpinan Rumah Sakit Harapan Bunda bisa tersalurkan dengan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan.