Qudrotul Ikhwan Hadiri Grebek Stunting di Ujunggunung Ilir

Qudrotul Ikhwan Hadiri Grebek Stunting di Ujunggunung Ilir
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang, Lampung, terus berkomitmen mengatasi masalah stunting melalui intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan saat menghadiri Grebek Stunting Tulangbawang 2024 di Balai Kampung Ujunggunung Ilir, Kecamatan Menggala, Kamis, (22/2/2024).

“Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten Tulangbawang, pemerintah daerah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah gizi yang terjadi pada masyarakat,” tegas Qudrotul.

Dia juga menyampaikan, berdasarkan data Sigizi Terpadu e-PPGBM (Elektronik Pencatatan Dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat), pada triwulan IV tahun 2023, angka Prevalensi Stunting Kabupaten Tulangbawang berada pada angka 6,44 persen.

“Angka tersebut merupakan bentuk keberhasilan kinerja dari seluruh pihak, mulai dari Forkopimda, Pemkab, Tenaga Kesehatan, Kader Posyandu, dan pihak swasta,” ujarnya.

Qudrotul mengajak semua komponen berkomitmen untuk menuntaskan masalah stunting di Kabupaten Tulangbawang.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh balita mendapatkan pemantauan tumbuh kembang dan ibu hamil pun mendapatkan pemeriksaan kehamilan yang baik, karena melalui pemantauan yang maksimal, maka apabila terjadi masalah gizi terhadap balita dan ibu hamil dapat segera diberikan intervensi lebih cepat sebelum jatuh menjadi masalah stunting," tegasnya.

Selain itu juga, Qudrotul menyampaikan bahwa data yang didapatkan dari kegiatan Grebek Stunting ini dapat digunakan oleh Pemerintah Daerah dalam menentukan kebijakan bersama Stakeholder terkait.