Praktek Rumah Pangan Lestari dan Hidroponik Jadi Program Unggulan Mahasiswa KKN UNILA di Keagungan Dalam

Praktek Rumah Pangan Lestari dan Hidroponik Jadi Program Unggulan Mahasiswa KKN UNILA di Keagungan Dalam
Para Mahasiswa KKN UNILA Saat Berikan Pelatihan Hidroponik di Keagungan Dalam Mesuji (Foto:Istimewa)

Mesuji - Monologis.id. Mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung di Desa Kagungan Dalam, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, dengan semangat dan dedikasi berkolaborasi dengan pemerintah desa melaksanakan program unggulan berupa Rumah Pangan Lestari dan pembibitan hidroponik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pertanian berkelanjutan.

"Rahmat ketua kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang beranggotakan 7 mahasiswa universitas Lampung, Jum'at (9/02/2024) mengatakan,"Rumah Pangan Lestari merupakan konsep pertanian yang berkelanjutan dengan memanfaatkan lahan sempit secara optimal untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman pangan dan sayuran. Selain itu, para mahasiswa juga melaksanakan pembibitan dengan sistem hidroponik, memanfaatkan air sebagai media tanam tanpa menggunakan tanah.

Lanjutnya Rahmat menjelaskan kurang lebih selama 35 hari di desa kagungan dalam kami melakukan kegiatan menggalakkan Program Rumah Pangan Lestari. Dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong di desa tersebut, mereka mengubahnya menjadi kebun produktif dengan berbagai jenis tanaman organik. Melalui upaya kolektif, mereka mengajarkan masyarakat setempat tentang teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan, sehingga menciptakan siklus pangan lokal yang berkelanjutan.

Dengan visi masa depan yang cerah, para mahasiswa juga memperkenalkan metode pembibitan modern dengan cara hidroponik dan polibag, Teknologi ini memberikan solusi bagi keterbatasan lahan dan air di desa tersebut. Dengan menggunakan sistem hidroponik, mereka mampu memproduksi bibit tanaman dalam jumlah besar dengan efisiensi yang tinggi, menjadikan desa Kagungan Dalam sebagai contoh nyata tentang pemanfaatan teknologi dalam pertanian modern.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Desa Kagungan Dalam, Mahmud, menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Beliau menyatakan, "Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi mahasiswa dalam melaksanakan program ini. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa kami dan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya."

Mahmud juga berharap agar kegiatan pembangunan di desanya dapat terus berlanjut dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, institusi pendidikan, dan masyarakat luas. "Dengan kerjasama yang baik, kami yakin Desa Kagungan Dalam akan semakin maju dan berkembang," tambahnya.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di tingkat lokal. Semoga inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk turut serta dalam pembangunan berkelanjutan.

Lanjutnya, Kades Kagungan Dalam Mahmud, mengucapkan terimakasih untuk pemerintah kabupaten Mesuji Melalui dinas Ketahanan Pangan (DKP) yang telah membagikan bibit tanaman untuk digunakan sebagai program rumah pangan lestari desa kagungan dalam yang melibatkan mahasiswa KKN dari universitas Lampung dan kelompok wanita tani desa kagungan dalam.