Musa Ahmad Ajak Masyarakat Jaga Kewaspadaan dari Pandemi ke Endemi.

Musa Ahmad Ajak Masyarakat Jaga Kewaspadaan dari Pandemi ke Endemi.
Foto: Istimewa

LAMPUNG TENGAH - Pascapandemi yang melanda seluruh dunia, saat ini proses transisi menuju endemi tengah berlangsung.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengajak masyarakat tetap jaga kewaspadaan dari peralihan pandemi ke endemi yang dikhawatirkan berdampak pada kesehatan manusia.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri peringata Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Kamis (17/11/2022),

"Momen HKN ke-58 kedepannya untuk bisa juga mengedukasi masyarakat, meski sekarang dunia sedang mengalami transisi pandemi ke endemi, kita tetap harus waspada dan jangan lengah," sebutnya.

Bupati juga mengatakan, momentum HKN ke-58 ini bisa dijadikan sebagai cambuk dan semangat serta upaya memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat Lampung Tengah.

"Semuanya berperan dalam menjaga kesehatan dan memprioritaskan promotif-preventif serta melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perayaan HKN menjadi peringatan untuk mendukung pembangunan kesehatan," katanya.

"Menjaga kesehatan sangat penting dan harus dilakukan secara konsisten, karena itu Hari Kesehatan Nasional ada untuk terus mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan," ujar Bupati.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lampung Tengah dr Otniel Sriwidiatmoko dalam sambutannya mengatakan, peringatan HKN sebagai momen perubahan untuk semakin lebih baik.

"Tahun ini adalah transformasi kesehatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan," sebut Otniel Sriwidiatmoko.

Menurutnya, transformasi yang diharapkan adalah pelayanan kesehatan primer pelayanan kesehatan rujukan, transformasi ketahanan, kesehatan, sistem pembiayaan, SDM kesehatan, transformasi teknologi kesehatan untuk menjadi semakin lebih baik lagi.

HKN dirayakan setiap tahun pada 12 November. Tema HKN 2022 adalah Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku yang melambangkan semangat untuk kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.

Puncak acara HKN Lampung Tengah dilaksanakan di Lapangan Dono Arum, Kecamatan Seputih Agung, dihadiri juga oleh Wakil Bupati, Ardito Wijaya, serta sejumlah kepada OPD di lingkungan Pemkab Lampung Tengah.

Acara dimeriahkan dengan pelepasan balon dan senam bersama. Selain itu diberikan penghargaan kepada keluarga nakes yang gugur akibat berjuang melawan COVID-19 dan ASN purnatugas.