Mahasiswa KKN Unila Bantu Pasarkan Produk UMKM Keripik Pisang Sidomekar

Mahasiswa KKN Unila Bantu Pasarkan Produk UMKM Keripik Pisang Sidomekar
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG–Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) di Desa Sidomekar, Kecamatan Gedungaji Baru, Kabupaten Tulangbawang, turut membantu pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keripik pisang asal desa tersebut. 

Kelompok mahasiswa KKN tersebut yakni Jenita Agma Putri, Ira Tya Anggie, Lingga Kaila Azzahra, Fariz Arsy, Muhammad Abdullah Azzam Miqdad, Nyimas Nadita Adhelia, dan Sri Tanti, aktif menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk tersebut.

Salah satu mahasiswa Jenita Agma Putri menjelaskan bahwa tujuan dari upaya ini adalah untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas.

"Mereka fokus membantu UMKM keripik pisang asli Sidomekar dalam membuat akun media sosial, khususnya di Facebook, sebagai platform untuk mempromosikan produk keripik pisang kepada masyarakat luas," ungkapnya, Kamis (25/1/2024) 

Bukan hanya sekadar membuat akun, kelompok mahasiswa KKN juga aktif dalam menciptakan konten menarik yang terdiri dari video dan foto bersama informasi lengkap tentang produk keripik pisang, termasuk varian rasa dan harga.

Lingga Kaila Azzahra dan rekannya Fariz Arsy menegaskan bahwa konten-konten ini menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen.

Selain memanfaatkan media sosial, mahasiswa KKN juga membantu UMKM keripik pisang untuk bergabung dengan platform e-commerce, seperti Shopee. Dengan bergabung di platform tersebut, UMKM dapat menjual produk secara online dan memperluas jangkauan pasar.

Sementara Sri Wahyuni, pelaku UMKM Keripik Pisang Asli Sidomekar, mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN Unila. Ia menyatakan terima kasih atas dukungan mereka dalam memasarkan produk secara online, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan dan memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat setempat.

"Program pemasaran produk UMKM melalui e-commerce ini menjadi salah satu inisiatif KKN Unila yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan kolaborasi antara mahasiswa dan pelaku UMKM, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi pengembangan bisnis lokal," imbuhnya.