Mahasiswa Fakultas Teknik Unila Raih Emas OSN 2023 Bahasa Indonesia

Mahasiswa Fakultas Teknik Unila Raih Emas OSN 2023 Bahasa Indonesia
Budi Cahyono | Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) Budi Cahyono meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 cabang lomba Bahasa Indonesia.

OSN 2023 diselenggarakan Yayasan Prestasi Maju Indonesia (Presmania) bekerja sama dengan Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) pada pertengahan Juni lalu.

Budi mengalahkan peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Peserta OSN 2023 ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu sains sosial dan sains alam. Budi mengikuti kategori sains sosial dengan fokus pada Bahasa Indonesia. Ia mengetahui informasi tentang OSN 2023 dari situs web kabarlomba.com dan akun Instagram @puskanas.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi OSN 2023, Budi banyak belajar dari sumber internet dan buku, serta mengulang materi pelajaran yang ia dapatkan semasa masih bersekolah di SMA.

Mahasiswa program studi teknik informatika ini mengatakan, ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti kompetisi tingkat nasional dan ia sangat bangga bisa membawa pulang medali emas.

Prestasi Budi tidak berhenti di OSN 2023. Ia juga berhasil meraih medali perak dalam kompetisi Bahasa Inggris Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) dan masuk dalam sepuluh besar pemenang lomba poster dalam acara BPTSUGM.

Mahasiswa angkatan 2022 ini berhasil menunjukkan tidak ada batasan dalam berkompetisi. Siapa pun bisa berprestasi asalkan mau berusaha dan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki.

“Tidak peduli dari mana kamu berasal, arena pertarungan tidak mengenal asalmu. Untuk itu, jadilah kuat,” ujarnya.