Kepala Disdikbud Mesuji Tekankan Pentingnynya Pemutakhiran Data Dapodik DAK Fisik

Kepala Disdikbud Mesuji Tekankan Pentingnynya Pemutakhiran Data Dapodik DAK Fisik
Foto: Ahmad Fauzi/monologis.id

MESUJI- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji, Lampung, Andi S Nugraha, menekan pentingnya pemutakhiran data Dapodik Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebagai landasan untuk perencanaan pembangunan pendidikan.

Andi S Nugraha juga menyoroti peran strategis kepala sekolah dan operator Sekolah Dasar Negeri dalam mengelola dan memastikan keakuratan data yang tercatat dalam sistem.

Hal itu disampaikannya pada sosialisasi pemutakhiran data Dapodik DAK fisik bidang pendidikan TA 2025 di aula SMPN 2 Mesuji, Senin (25/3/2024).

Sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Kementerian dan para konsultan tersebut akan berlangsung selama 3 hari dan diikuti kepala Paud, SD, dan SMP.

"Sosialisasi ini adalah langkah awal dalam mempersiapkan perencanaan yang solid untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Mesuji. Dengan pemutakhiran data yang akurat, kita dapat merancang program-program yang lebih efektif dan relevan bagi kemajuan pendidikan kita," ujar Andi S Nugraha.

Selain itu, sosialisasi juga menjadi momentum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara para peserta. Diskusi dan tanya jawab aktif dilakukan untuk memastikan pemahaman yang mendalam terkait proses pemutakhiran data Dapodik DAK fisik.

"Harapannya baik kepala sekolah dan operator bisa menginput atau mengupdate data dapodik dengan baik dan benar, karena semua usulan DAK mengambil data dari dapodik, diketahui nilai global DAK Disdikbud mesuji tahun anggaran 2024 Kurang lebih hampir 30 miliar,” ujarnya.