Pemulihan Pascabanjir, PUPR Mesuji Perbaiki Gorong-gorong di Beberapa Titik

Pemulihan Pascabanjir, PUPR Mesuji Perbaiki Gorong-gorong di Beberapa Titik
Foto: Ahmad Fauzi/monologis.id

MESUJI-Banjir melanda sejumlah desa di Kabupaten Mesuji, Lampung, beberapa waktu lalu. Musibah ini  menyebabkan kerusakan pada beberapa gorong-gorong vital.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji, merespon cepat kerusakan dengan memperbaiki gorong-gorong tersebut

Perbaikan dilakukan sebagai langkah dalam menjaga infrastruktur publik serta untuk memastikan normalitas fungsi infrastruktur.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kabupaten Mesuji Endra Oktafandi mewakili Plt Kepala dinas Agnatiyus Syahrizal mengatakan, empat alat berat jenis eksavator disebar di beberapa titik terdampak sejak 17 Januari 2024.

“Karena keterbatasan alat, jadi harus bergantian di masing-masing titik,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Endra menjelaskan, dua titik yang sudah dalam penanganan yakni Desa Simpang Mesuji dan Ajijaya Kecamatan Simpang Pematang, Desa Mekarsari Kecamatan Tanjung Raya, dan Sungai Badak, Mesuji Timur.

“Untuk kondisi yang terjadi yaitu abrasi jembatan dan gorong-gorong, upaya yang kita lakukan penimbunan dan penurunan ruas yang tergerus air," jelasnya.

Endra akan terus menginformasikan dan berkoordinasi dengan kepala desa di Kabupaten Mesuji jika wilayahnya terjadi dampak pascabanjir. Dia meminta kepala desa melaporkan kepada PUPR agar segera dilakukan penanganan.

"Kami imbau dan informasikan kepada Kepala Desa untuk sesegera mungkin berkomunikasi dengan PUPR, jika di wilayah kerja masing-masing terjadi dampak akibat hujan deras agar segera ditangani.

Dinas PUPR Kabupaten Mesuji berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam mengatasi dampak bencana alam dan memastikan kesiapan infrastruktur di masa mendatang.