FISIP Unila Gelar Peringatan Dies Natalis ke-36

FISIP Unila Gelar Peringatan Dies Natalis ke-36
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar peringatan Dies Natalis ke-36 di Gedung B FISIP Unila, Selasa (25/10/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini dibuka langsung Ketua Senat FISIP Unila A. Efendi, disaksikan jajaran pimpinan kampus setempat dan seluruh tamu undangan.

Dekan FISIP Unila Ida Nurhalda, M.Si., dalam laporannya mengatakan, FISIP Unila terus mengalami perkembangan dalam mencapai target-target Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan  tinggi.

Hal itu ia terangkan dengan menguraikan berbagai aspek capaian antara lain kualitas lulusan, implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kualitas dosen sebagai praktisi di dunia DUDI, pendampingan mahasiswa berprestasi, sertifikasi keahlian, capaian luaran penelitian dan pengabdian, kualitas kurikulum, proses pembelajaran, hingga target capaian akreditasi.

Ida menambahkan, hingga September 2022 tercatat sebanyak 64 prestasi berhasil ditorehkan mahasiswa FISIP Unila. Prestasi tersebut di antaranya 13 prestasi tingkat wilayah dan provinsi, 42 prestasi tingkat nasional, dan 9 prestasi tingkat internasional.

Tantangan dan perubahan lingkungan di masa depan yang semakin beragam menuntut perguruan tinggi untuk mendorong berbagai inovasi perubahan. Sebagai bagian dari lembaga pendidikan, FISIP Unila memiliki komitmen kuat untuk terus mendukung capaian Unila ke masa depan yang lebih cerah.

“Di tengah tantangan perubahan, kita patut bersyukur FISIP Unila telah berhasil meraih berbagai prestasi. Utamanya dalam memenuhi capaian indikator kinerja utama yang ditetapkan Universitas Lampung,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof Suharso mewakili plt. rektor Unila mengungkapkan, Dies Natalis ke-36 FISIP membawa semangat besar untuk menyiapkan institusi menuju era globalisasi.

Saat ini institusi seperti Unila disiapkan bukan lagi untuk berkompetisi di level lokal, namun lebih luas pada kompetisi global. Maka dari itu, ia mengimbau kepada seluruh elemen sivitas akademika untuk membuka diri dan siap menghadapi tuntutan global.

Dalam momentum pertemuan keluarga besar FISIP Unila itu pula, Suharso menyampaikan visi Unila sebagai perguruan tinggi sepuluh terbaik di Indonesia pada tahun 2022 telah tercapai. Namun hal itu harus dibuktikan dengan peran serta Unila dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Selamat atas perayaan ke-36 Dies Natalis FISIP Unila. Semoga Universitas Lampung dapat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tutupnya.

Adapun rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-36 FISIP Unila antara lain penyampaian Orasi Ilmiah oleh Nur Effendi dengan judul “Redefinisi Peran Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul”, pemberian penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan terbaik di lingkungan FISIP Unila, serta penyampaian ucapan terima kasih kepada dosen yang memasuki masa purnabakti.