Proses Pembelajaran dan Pengelolaan yang Baik Kunci Menciptakan Lingkungan Belajar Berkualitas

TULANGBAWANG BARAT – Lingkungan belajar berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas.Ada beberapa faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas, di antaranya adalah proses pembelajaran dan pengelolaan yang baik.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tulangbawang Barat, Lampung, Budiman Jaya mengatakan, proses pembelajaran secara umum merujuk pada kapasitas satuan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, interaksi guru dan anak yang positif, pembelajaran yang berpusat pada anak, kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, serta penggunaan asesmen yang selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya
“Pengelolaan secara umum merujuk pada kemampuan satuan bermitra dengan keluarga serta masyarakat, melakukan kapasitas perencanaan dan akuntabilitas pembiayaan, menghadirkan lingkungan belajar yang aman, dan inklusif, serta mendorong peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan,†ujar Budiman saat membuka bimtek lingkungan belajar berkualitas dan berbasis data Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dan organisasi mitra PAUD, Rabu (5/10/2022).
Budiman mengungkapkan, upaya mewujudkan lingkungan belajar berkualitas memerlukan perencanaan yang didasarkan pada kemampuan satuan melakukan evaluasi diri, mencari akar permasalahan, identifikasi aspek layanan yang ingin dikuatkan serta rangkaian kegiatan dan sumber daya dibutuhkan untuk memenuhi perencanaan berbasis data.
“Melalui proses ini, harapannya satuan PAUD dapat terus meningkatkan kualitas layanannya,†kata Budiman.
Menurutnya, perencanaan berbasis data merupakan bagian dari proses evaluasi sistem pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan di satuan PAUD.
Perencanaan berbasis data juga akan memudahkan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten, dalam bersinergi dengan pemerintah pusat dan masyarakat untuk menguatkan penyelenggaraan layanan PAUD di wilayahnya.
"Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan pencapaian tujuan kedua dalam program tersebut sehingga tercipta peningkatan kualitas lingkungan belajar di satuan PAUD. Kita imbau kepada peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya sehingga dapat menerapkan dan menyampaikan di wilayah masing-masing agar tercapai lingkungan belajar berkualitas,"tuturnya
Sementara, Kepala bidang (Kabid) PAUD Disdikbud Tulangbawang Barat Hikmawati menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta dari PKG seluruh kecamatan dan Organisasi Mitra PAUD yang ada di Tulangbawang Barat.