Siang Ini Radius Pembelian Tiket Pelabuhan Bakauheni Berlaku

Siang Ini Radius Pembelian Tiket Pelabuhan Bakauheni Berlaku
Foto: Wandi/monologis.id

LAMPUNG SELATAN – Mulai pukul 12.00 WIB siang ini, pembelian tiket dalam radius 4,24 km mulai berlaku di ASDP Cabang Utama Bakauheni, Lampung Selatan, dan pengguna jasa penyeberangan harus sudah memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan.

"Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2020, dan surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal penataan layanan pemesanan tiket elektronik di sekitar pelabuhan bahwa pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal 5 km sebelum pelabuhan," kata GM ASDP Cabang Utama Bakauheni Capt. Rudi Sunarko, Senin (11/12/2023) pagi.

Rudi mejelaskan, tujuan diberlakukannya penentuan radius pembelian tiket ini adalah untuk menciptakan pelabuhan dan  angkutan penyeberangan yang andal dan berkualitas. Selain itu, dengan adanya pemberlakuan ini diharapkan dapat  menghilangkan ruang bagi para oknum calo.

“Untuk Pelabuhan Bakauheni, radius yang telah di tentukan 4,24 km dari sisi terluar Pelabuhan ke Balai Karantina Pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, bahwa ASDP Cabang Bakauheni juga membuka pelayanan beberapa buffer zone untuk mengedukasi penguna jasa, yang akan mengunakan jasa penyeberangan.

“Fasilitas dalam buffer zone, ada wifi gratis, memberikan pelayanan cara membeli tiket secara online di buffer zone. Dan sekaligus memberikan sosialisasi tentang jarak radius untuk pemesanan tiket ferry di pelabuhan bakauheni. ASDP menghimbau, agar pengguna jasa sudah memiliki tiket saat berangkat dari rumah, mengingat pemesanan tiket sejak 60 hari sdh bisa dilakukan dengan tujuan pengguna jasa dapat mengatur waktu perjalanannya lebih mudah dan fleksibel sesuai kebutuhannya. Dan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni, Lampung Selatan, sudah siap menghadapi Angkutan Natal 2023 dan Angkutan Tahun Baru 2024,” tutupnya.

Sementara untuk tata cara pembelian tiket Ferry Online Ferizy yakni,

1. Buka www.ferizy.com atau download aplikasi Ferizy di Google Play Store/Apps Store, lakukan log in atau daftarkan e-mail anda.

2. Pilih jadwal masuk pelabuhan (Check In) "pastikan golongan kendaraan yang dipilih  bener".

3. Isi data seluruh penumpang sesuai dengan kartu identitas dan nomor polisi kendaraan dengan benar (apabila penumpang berkendaraan) "wajib di isi".

4. Konfirmasi data pemesanan anda

5. Lakukan pembayaran melalui ATM/Mobile bangkin , Internet Bangking Dompet Digital/Geray Ritel (Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Agen BRILink, Agen BNI 46, Yomart Group, Kantor Post, Pegadaian).

6. U.duh E-Tiket anda melalui E-mail atau Web Reservation dan / Aplikasi Ferizy.