Rekrutmen KPPS Lampung Tengah Diduga Ada Pengarahan Dukungan Caleg

Rekrutmen KPPS Lampung Tengah Diduga Ada Pengarahan Dukungan Caleg
Foto: Istimewa/ilustrasi

LAMPUNGTENGAH-Rekrutmen Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Lampung Tengah diduga terjadi pengarahan dukungan ke salah satu kontestan pemilihan legislatif (Pileg)

Pasalnya, dari data yang himpun di lapangan sampai hari ini, Minggu (3/12/2023), beredar informasi para panitia pemungutan suara (PPS) di Lampung Tengah memberikan syarat dukungan suara ke salah satu calon legislatif (Caleg) untuk pemilihan DPRD Provinsi Lampung.

Menurut sumber yang enggan disebut identitasnya, dari sejumlah orang yang mengikuti rekrutmen calon KPPS, mereka diminta petugas PPS supaya mau mengarahkan suara ke salah satu Caleg.

"Informasi yang saya dengar langsung, pantia PPS berkeliling melakukan rekrutmen calon KPPS, salah satu syaratnya (untuk menjadi KPPS) mereka harus mengarah suara untuk salah satu Caleg DPRD Provinsi Lampung (dari Dapil VII Lampung Tengah)," jelasnya.

Sumber tersebut mengatakan, pengarahan KPPS untuk mengarahkan suara ke salah satu Caleg untuk pemilihan DPRD Provinsi Lampung itu, diduga tidak hanya terjadi di salah satu kecamatan, namun hampir di seluruh wilayah di Lampung Tengah.

"Tidak hanya di satu atau dua kecamatan saja (syarat menjadi KPPS namun harus mengarahkan suara ke salah satu Caleg), diduga ini menjadi syarat buat calon KPPS di semua kecamatan (di Lamteng)," bebernya.

Tentu saja, proses berdemokrasi di Lampung Tengah dengan adanya dugaan pengarahan suara dan dukungan kepada partai politik atau Caleg tertentu tersebut mencederai proses berdemokrasi.

Terlebih, dugaan pengarahan dukungan dan suara tersebut dilakukan oleh oknum-oknum yang menjadi bagian unsur penyelengara pemilihan umum (Pemilu) di daerah.