Bupati Pesawaran Perintahkan Kades Jalankan Tugas Sesuai RPJMDes

Bupati Pesawaran Perintahkan Kades Jalankan Tugas Sesuai RPJMDes
Foto: Istimewa

PESAWARAN - Bupati Pesawaran, Lampung, Dendi Ramadhona memerintahkan seluruh kepala desa (kades) yang baru dilantik segera melaksanakan tugas sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Jangan hanyut pada uforia kemenangan saja, tetapi setelah pelantikan ini segera jalankan tugas sesuai RPJMDes yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan,” ucap Dendi saat melantik kades terpilih hasil Pilkades Serentak Kabupaten Pesawaran 2022 lalu, Kamis (2/2/2023).

Kades yang dilantik berasal dari Kecamatan Kedondong, Waykhilau, dan Waylima.

Dendi mengatakan, Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, menjadi pedoman pokok di dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa.

“Oleh karena itu, peraturan perundang-undangan yang bersifat pokok serta peraturan pelaksanaannya yang mengatur tentang desa maupun pemerintahan desa termasuk kegiatan pengadministrasian pemerintahan dan keuangan desa, agar dapat saudara-saudara pahami dan dilaksanakan secara tertib, karena peraturan perundang-undangan tersebutlah yang membantu dalam menyelenggarakan pemerintahan desa, secara tertib dan terarah,” pesan Dendi.

DIa juga menyampaikan bahwa berkaitan dengan penyelenggaraan pembangunan di desa. Beberapa hal yang dia tekankan kepada para kades agar segera melakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat serta tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih dan yang tidak.

“Bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk kemajuan dan pembangunan Desa serta ciptakan inovasi untuk membawa perubahan Desa menjadi lebih baik dalam kurun waktu 6 tahun ke depan,” ujarnya.

Pada era keterbukaan informasi saat ini, lanjut Dendi, kades tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan Desa.

“Saudara harus responsiv terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa dan selalu berkonsultasi kepada Camat apabila terdapat permasalahan di Desa ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut. Saya yakin jika hal-hal ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh maka akan dapat membangun kepercayaaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Desa,” tambahnya.

Dendi berharap momentum pelantikan ini dapat menjadi sebuah awal pengabdian diri kepada bangsa, negara dan masyarakat, demi terwujudnya kesejahteraan untuk semua masyarakat Desa.

“Kepada para istri atau suami kades, saya minta untuk memberikan dukungan dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas Kepala Desa khususnya PKK Desa dan pemberdayaan perempuan,” pungkasnya.