Samsudin Dilantik Jadi Pj Gubernur Lampung

Samsudin Dilantik Jadi Pj Gubernur Lampung
Foto: Istimewa

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian melantik Samsudin (Staf Ahli Bidang Hukum pada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI) menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Lampung. Samsudin dilantik di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu (19-6-2024).

Sebelumnya Pemerintah Pusat telah menugaskan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Lampung. Fahrizal menggantikan masa jabatan Gubernur Arinal Djunaidi berakhir pada Rabu, 12 Juni 2024.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia  Nomor 69/P Tahun 2024 tanggal 14 Juni 2024  tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Dalam Surat Keputusan  Presiden tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung disebutkan bahwa masa jabatan Penjabat Gubernur Lampung paling lama adalah untuk periode satu tahun.

Tito berterimakasih kepada Arinal yang telah mengemban tugas sebagai Gubernur Lampung periode 2019-2024.

Mendagri menekankan kepada Samsudin pentingnya membangun komunikasi dan menjalin kerjasama dalam upaya percepatan pembangunan daerah.

"Saya berharap banyak bapak (Samsudin, red)bisa cepat beradaptasi dengan segala situasi yang ada di sana termasuk hal - hal reguler," ucapnya.

Terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah, Mendagri menekankan kepada Pj. Gubernur Lampung agar dapat selalu menjaga kondusifitas di daerah. Termasuk membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.