LPPM Unila Dorong Kesadaran Deteksi Kesehatan Serviks dan Prostat

LPPM Unila Dorong Kesadaran Deteksi Kesehatan Serviks dan Prostat
istimewa

Bandar Lampung – Monologis.id Masalah kanker serviks masih menjadi penyebab kematian satu sampai dua wanita per jam di Indonesia. Dr. Mohamad Indrawan Yachya, Sp.OG (K), salah seorang narasumber seminar menyampaikan presentasi mendalam tentang teknologi terkini deteksi dini kanker serviks dan terapi inovatif untuk penanganan lebih lanjut.

Pentingnya deteksi dini dalam penyakit kritis seperti kanker serviks dan pembesaran prostat menjadi sorotan utama dalam seminar ini. Masalah terkait kanker serviks dan pembesaran prostat masih menjadi momok utama di Indonesia.

Unila melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  nya menggelar seminar ilmiah kesehatan nasional dengan tema “Deteksi Dini dan Penanganan Kanker Serviks dan Pembesaran Prostat”. Kegiatan berlangsung di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, pada Sabtu (11 /11/2023).

Seminar nasional ini juga menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat tentang pencegahan dan deteksi dini untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam skrining rutin.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unila Dr. dr. Evi Kurniawaty, S.Ked., M.Sc., dalam penyampaian materinya mengingatkan pentingnya deteksi dini masalah kesehatan pembesaran prostat di kalangan masyarakat. Dirinya juga memberikan arahan terkait cara pencegahan dan perawatan mandiri bagi masyarakat yang terdampak masalah kesehatan ini.

Ketua LPPM Unila Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., dalam laporannya menyampaikan, agenda kegiatan dari LPPM ini bertujuan untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU) 5, terkait hasil luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bisa direkognisi dan diakui tingkat nasional maupun internasional.

“Semenjak tiga tahun terakhir, Unila sudah mencapai goal standard yang ditetapkan. Pencapaian tersebut juga merupakan kontribusi penuh dari berbagai pihak, sehingga LPPM dapat mencapai target yang ditentukan sejak awal,” ujarnya.

Dr. Habibulah juga menambahkan, penyelenggaraan seminar ini merupakan implementasi dari penelitian dan ilmu pengetahuan yang ada, agar dapat disosialisasikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., menyampaikan apresiasinya kepada LPPM atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi wadah bertukar informasi dan menambah wawasan peserta terkait masalah kesehatan kanker serviks dan pembesaran prostat.

“Semoga seminar ilmiah ini dapat menjadi wadah yang produktif untuk bertukar informasi dan pengalaman, serta memperkuat kolaborasi di antara kita dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Seminar ilmiah nasional yang diselenggarakan LPPM Unila mendapat dukungan luar biasa dari peserta yang didominasi para alumni SMA Negeri 2 Bandar Lampung dari angkatan 1983.

Kehadiran mereka tidak hanya mencerminkan semangat kesatuan dalam menjawab tantangan kesehatan masyarakat, tetapi juga menunjukkan hubungan erat antara alumni dan institusi pendidikan mereka.