Giat Membangun, Desa Batu Nangkop Serah Terima Pekerjaan Fisik Melalui DD 2023

Giat Membangun, Desa Batu Nangkop Serah Terima Pekerjaan Fisik Melalui DD 2023
Serah terima pekerjaan fisik 2023 dari Kepala desa kepada Ketua BPD Batunangkop | Foto: Riki Purnama/monologis.id

LAMPUNG UTARA-Pemerintah Desa Batu Nangkop, Kecamatan Sungkai Tengah, Kabupaten Lampung, Utara, terus berkomitmen membangun desa.

Hal tersebut diwujudkan dalam pembangunan jalan Telford sepanjang 465 meter dan gorong-gorong beserta sumur bor melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023.

Kepala Desa (Kades) Batu Nangkop Hendra mengatakan, insfrastruktur sangat penting dalam mempercepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Infrastruktur yang baik akan membawa dampak positif dalam mendukung berbagai sektor vital seperti kesehatan, pendidikan, pertanian, dan pariwisata.

"Hari ini secara resmi telah dilakukan serah terima pekerjaan fisik di desa Batu Nangkop, yang diterima langsung oleh Ketua BPD dan disaksikan Camat dan sejumlah masyarakat," jelas Hendra disela peresmian jalan tersebut, Kamis (21/12/2023).

Kades juga menambahkan bahwa pembangunan tersebut berdasarkan hasil musyawarah desa sebelumnya dan dikelola langsung oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dengan monitoring langsung dari Kecamatan dan Inspektorat.

"Harapan bersama terkait dengan pembangunan yang melibatkan masyarakat secara langsung maka secara kualitas dan kuantitas akan maksimal, bahkan jalan Telford itu memiliki kelebihan 13 meter berupa swadaya dari masyarakat" ujar Hendra.

Ditempat yang sama, Camat Sungkai Tengah, Ediyansah meminta masyarakat agar dapat merawat dan menjaga hasil pembangunan agar dapat terus dimanfaatkan dengan semangat bergotong royong.

"Setelah serah terima ini maka tanggung jawab pekerjaan adalah milik masyarakat, harus terus dirawat agar bisa dinikmati bersama" jelas Ediyansah.

Pendamping Desa Batu Nangkop, Dharma Arief juga membenarkan pembangunan jalan Telford itu memiliki kelebihan volume dari anggaran sebelumnya dengan kualitas baik.

"Saya mengapresiasi pembangunan di desa Batunangkop ini, terlebih adanya swadaya masyarakat semoga kedepannya akan lebih baik lagi" jelas Dharma.

Kegiatan serah terima pekerjaan juga dihadiri Bhabinsa, Bhabin Khamtibmas, Ketua BPD dan jajarannya, LPM, tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan aparatur Desa Batu Nangkop.